Pembelajaran Daring dengan Green Screen dalam Pengajaran Vocabulary bagi Tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang
Abstract
Pembelajaran di tingkat PAUD memiliki prinsip belajar sambil bermain sehingga perlu ada pemilihan media yang tepat dalam pelaksanaannya. Permasalahan yang muncul adalah kebosanan yang dialami terutama oleh siswa dan orangtua dalam pembelajaran daring. Para siswa menghendaki ingin bertatap muka langsung dengan tutor dan sesama siswa untuk mempermudah interaksi dalam pembelajaran yang hangat. Dengan adanya pembelajaran daring ini, orangtua juga harus lebih intensif mendampingi anak belajar di tengah rutinitas bekerja. Kegiatan pengabdian tentang pembelajaran daring dengan green screen dalam pengajaran vocabulary dilakukan melalui dua tahapan yakni pelatihan dan pendampingan praktek mengajar tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini adalah 1) antusiasme tinggi dari para tutor PAUD untuk terus berlatih dan berkreasi menggunakan Green Screen 2) para tutor PAUD sudah memiliki fasilitas berupa smartphone dan aplikasi pengeditan video 3) para tutor PAUD selalu dapat berkonsultasi dan mendapat pantauan serta saran dari tim pengabdian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practice. United States of America: Pearson Education.
Kelly, G. (2004). How to Teach Pronunciation. Harlow: Pearson Education Limited.
Klancar, N. (2006). Developing Speaking Skills in the Young Learners Classroom. The Internet TESL Journal, 12(11).
Saricoban A., & Metin E. (2000). Songs, Verse and Games for Teaching Grammar. The Internet TESL Journal, 6(10).
Jalal, F. (2004). Seminar dan Lokakarya POS PAUD Menyongsong Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Jamak di masa depan. Jakarta: Depdiknas.
Semiawan, C. (2002). Paradigma Baru POS PAUD dalam Rangka Sosialisasi POS PAUD. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Standar Perkembangan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.9323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.