PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL EXPERIENCE DAN INCOME TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR SISWA SMA N 1 BATUSANGKAR

Yola Yolanda, Kurjono Kurjono, Meta Arief, Hari Mulyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi keaugan, pengalaman keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan siswa SMA N 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel diperoleh secara proporsional stratified random sampling sebanyak 96 responden dari siswa SMA N 1 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian literasi keuangan, pengalaman keuangan dan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan siswa SMA N 1 Batusangkar. Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini untuk meningkatkan indikator literasi keuangan adalah meningkatkan asuransi, meningkatkan indikator pengalaman keuangan adalah mengontrol pengeluaran, meningkatkan indikator pendapatan adalah mengelola pendapatan dengan baik, dan meningkatkan indikator perilaku keuangan. adalah mengelola konsumsi. Hal ini harus dikelola dengan bijak agar dapat meningkatkan perilaku keuangan yang baik di masa mendatang.

Kata kunci: literasi keuangan, pengalaman keuangan, pendapatan


Full Text:

PDF PDF

References


Ameliawati, M., & Setiyani, R. (2018). The Influence of Financial Attitude , Financial Socialization , and Financial Experience to Financial Management Behavior with Financial Literacy as the Mediation Variable. 2018, 811–832. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3174

Ananda, N. A. (2020). Financial Literacy Affects Financial Behavior Through Financial Attitude as an Intervening Variable. 5(12), 981–985.

Arifin, A. Z. (2017). The influence of financial knowledge, control and income on individual financial behavior. European Research Studies Journal, 20(3), 635–648.

BPS. (2020). Hasil survei sosial demografi dampak covid-19.

Dewi, V. I., Febrian, E., Effendi, N., & Anwar, M. (2020). Does Financial Perception Mediating the Financial Literacy on Financial Behavior ? A Study of Academic Community in Central Java Island , Indonesia. 16(2), 33–48. https://doi.org/10.14254/1800-5845/2020.16-2.3

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. 55–68.

Frijns, B., Gilbert, A., & Tourani-Rad, A. (2014). Learning by doing: The role of financial experience in financial literacy. Journal of Public Policy, 34(1), 123–154.

https://doi.org/10.1017/S0143814X13000275

Grable, J. E., Park, J. Y., & Joo, S. H. (2009). Explaining financial management behavior for koreans living in the united states. Journal of Consumer Affairs, 43(1), 80–107. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2008.01128.x

Herdjiono, I., Damanik, L. A., & Musamus, U. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income terhadap Financial Management Behavior. Manajemen Teori Dan Terapan, 1(3), 226–241.

Herlindawati, D. (2015). Pengaruh Kontrol Diri, Jenis Kelamin, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi: Survey Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Hilgert, M., Hogarth, J., & Beverly, S. (2003). Household Financial Management: The Connection between Knowledge and Behavior. Revista de Investigaciones Veterinarias Del Perú, 20(2). https://doi.org/10.15381/rivep.v20i2.609

Khoirunnisaa, J., & Johan, I. R. (2020). The Effects of Financial Literacy and Self-Control towards Financial Behavior among High School Students in Bogor. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 73–86. https://doi.org/10.29244/jcs.5.2.73-86

Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042

Lianto, R., & Elizabeth, S. M. (2017). Analisis Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Income Terhadap Financial Behavior di Kalangan Ibu Rumah Tangga Palembang (Studi Kasus Kecamatan Ilir Timur I). Journal of Business and Banking, 3(2), 1–12.

Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial Literacy among the Young. 44(2), 358–380.

Ming Thung, C., & dkk. (2012). Determinants of saving behaviour among the university students in Malaysia. Universiti Tunku Abdul Rahman, May, 109. http://eprints.utar.edu.my/607/1/AC-2011-0907445.pdf

Nofsinger. (2011). Behavioral Finance Investors, Corporations, and Markets. In Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. https://doi.org/10.1002/9781118258415.ch33

OECD, O. F. E. C.-O. A. D. (2006). The Importance of Financial Education. Policy Brief, July.

https://doi.org/10.1177/0022146515584605

OJK. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id

Perry, V. G., & Morris, M. D. (2005). Who is in control? the role of self-perception, knowledge, and income in explaining consumer financial behavior. Journal of Consumer Affairs, 39(2), 299–313. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2005.00016.x

Safitri, A., & Kartawinata, B. R. (2020). Pengaruh Financial Socialization dan Financial Experience Terhadap Financial Management Behavior ( Studi pada Wanita Bekerja di Kota Bandung ). Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 9(2).

Shahrabani, S. (2012). The Effect of Financial Literacy and Emotions on Intent to Control Personal Budget: A Study among Israeli College Students. International Journal of Economics and Finance, 4(9), 156–163. https://doi.org/10.5539/ijef.v4n9p156

Sohn, S. H., Joo, S. H., Grable, J. E., Lee, S., & Kim, M. (2012). Adolescents’ financial literacy: The role of financial socialization agents, financial experiences, and money attitudes in shaping financial literacy among South Korean youth. Journal of Adolescence, 35(4), 969–980. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2012.02.002

Sundarasen, & et al. (2016). Impact Of Financial Literacy, Sosialisasi keuanganAgents, And Parental Norms On Money Management. Journal Of Business Studies Quarterly, 8(1), 140–156.

Suryanto. (2017). Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VII(1), 11–20.

UNICEF. (2011). Adolescence an Age of Opprotunity. In Unicef (Vol. 17, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v6i2.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.