PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SIKLUS AKUNTANSI JASA

Nova Pratiwi, Neta Dian Lestari, Januardi Januardi

Abstract


Riset ini dilakukan guna mendapati pengaruh gaya kognitif terhadap keterampilan menyelesaikan siklus akuntansi jasa. Pendekatan riset kuantitatif dengan prosedur survey, sampel berjumlah 39 mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Univeristas PGRI Palembang. Pengumpulan informasi dengan Group Embedded Figures Test (GEFT) dan soal tes siklus akuntansi jasa, hasil riset dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil riset menampilkan 74% mahasiswa mempunyai gaya kognitif jenis Field Dependent, sisanya Field Independent. keterampilan mahasiswa menyelesaikan siklus akuntansi jasa berbeda-beda, sebagian besar memperoleh predikat sangat baik, namun tidak terdapat mahasiwa yang gagal. Hasil uji hipotesis menampilkan jika terdapat pengaruh positif sebesar 26,4% gaya kognitif terhadap keterampilan menyelesaikan siklus akuntansi jasa.

 

Kata Kunci: Gaya Kognitif, keterampilan, siklus akuntansi jasa


Full Text:

PDF

References


Arifi, Zainal. (2013). Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik Siswa sebagai Pijakan dalam penelitian dan Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Cakrawala, 30(1), 160-173.

Carrington, L.G. (2012). Ready For Intermediate Accounting? Factors Affecting Student Preparation. Makalah disajikan dalam Konferensi Akademik Internasional. Orlando, Florida, USA.

Creswell, John. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Penerjemah : Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Devung, T. V. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hery. (2017). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT Grasindo.

Izzati, F. D., & Sumarsih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Android pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 32-46.

Laming, A. R., Hamid, R., & Rahman, A. Pengaruh Gaya Kognitif, Penalaran Logis, Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Biofiskim: Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa, 2(2).

Puspananda, D. R., & Suriyah, P. (2017). Analisis Faktor pada Group Embbeded Figures Test untuk Mengukur Gaya Kognitif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. UNY.

Sanjaya, N. M. S. (2018). Pengaruh metode problem solving dan gaya kognitif terhadap kemampuan analisis siswa. Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1).

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-110.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Suliswanto, D., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2020). Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 156-170.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.

Tinajero, C., Lemos, S. M., Araújo, M., Ferraces, M. J., & Páramo, M. F. (2012). Cognitive style and learning strategies as factors which affect academic achievement of Brazilian university students. Psicologia: Reflexão e Crítica, 25, 105-113.




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v7i1.10381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.