PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)
Abstract
Era digital telah merubah segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Kemajuan di era digital menyebabkan strategi, model, dan media yang digunakan dalam pembelajaran mengalami perubahan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Berbagai upaya perlu untuk dilakukan salah satunya yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis video. Pengembangan media menggunakan basis video belum pernah dilakukan bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman. Optimalisasi media berbasis video dapat meningkakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa FEB Universitas Jenderal Soedirman. Belum adanya penelitian yang mencoba menganalisa pengembangan media pembelajaran menggunakan basis video untuk meningkatkan IPK mahasiswa FEB Universitas Jenderal Soedirman. Tujuan dari penelitian ini yakni guna menganalisa bagaimana cara yang dilakukan untuk
pengembangan media pembelajaran menggunakan basis video untuk meningkatkan IPK Mahasiswa FEB, Universitas Jenderal Soedirman. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh Mahasiswa FEB Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019 dengan teknik random samping. Teknik analisis data artikel penelirian ini yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji Anova, dan uji T dimana untuk menjawab permasalahan yang ada. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap IPK Mahasiswa FEB Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2019 sebelum diterapkannya pengembangan media pembelajaran menggunakan basis video dan sesudah diterapkannya pengembangan media pembelajaran berbasis video. Dengan hasil uji anova yang memiliki Sig 0,000 diartikan < dibandingkan 0,05.
Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, video, dan IPK.
Full Text:
PDFReferences
Adam, Steffi., dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi..Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, Vol 3, No 2. 79-90.
Anshor, Shohibul. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap.Aktivitas.dan.Hasil Belajar Geografi. Naskah Publikasi. FKIP : Universitas Lampung.
Fadhli, M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), hal. 24–29.
Khoiroh, N., Munoto dan Anifah, L. 2017. Pengaruh Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), hal. 97–110.
Meranti dan Irwansyah. 2018. Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7, hal. 27–36.
Miftah, M. Tanpa Tahun. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Naskah Publikasi. Penelitian bidang pendidikan pada BPMP Kemendikbud.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Rohman, Muhammad., dan Sotan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sari, Pusvyta. 2019. Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang tepat dalam Pembelajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 1, No 1, 58 – 78.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsuar dan Reflianto. 2019. Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi.
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2, No 2, 103 – 114.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v7i1.11917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.