IDENTIFIKASI SEKTOR PEREKONOMIAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator penentu keberhasilan pembangunan suatu daerah. Pertumbuhan ekonomi daerah tidak lepas dari pertumbuhan dan kontribusi setiap sektor perekonomian pada wilayah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sektor perekonomian dalam perencanaan pembangunan Kabupaten Kediri. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) dan Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) Kabupaten Kediri tahun 2018 – 2022 yang diperoleh pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik analisis : Static Location Quotien (SLQ), Dynamic Location Quotien (DLQ), Tipologi Klassen, Model Rasio Pertumbuhan (MRP) dan Analisis Shift Share (SS). Hasil perhitungan sektor informasi dan komunikasi diperoleh nilai SLQ = 1,13; DLQ = 1,04; RPs = 1,06; RPr = 2,55 dan SS = 0,53. Hasil perhitungan sektor jasa pendidikan diperoleh nilai SLQ = 1,89; DLQ = 1,02; RPs = 1,00; RPr = 1,09 dan SS = 0,15. Hasil seluruh perhitungan menunjukkan bahwa sektor informasi dan komunikasi, serta sektor jasa pendidikan merupakan sektor perekonomian prioritas pembangunan pertama dalam perekonomian Kabupaten Kediri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sektor informasi dan komunikasi, serta sektor jasa pendidikan merupakan sektor yang menjadi prioritas pertama dalam pembangunan perekonomian Kabupaten Kediri. Kedua sektor tersebut merupakan sektor basis yang prospeknya sangat baik, pertumbuhannya tinggi di Kabupaten Kediri & Provinsi Jawa Timur, unggul secara komparatif serta termasuk sektor perekonomian yang maju.
Kata Kunci : Produk Domestic Regional Bruto (PDRB)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ep.v8i2.16437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.