PERAN KETERLIBATAN SISWA DALAM MEMODERASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKERIN, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMPETENSI BERWIRAUSAHA
Abstract
Tingkat rasio wirausaha di Indonesia masih rendah yaitu sebesar 3,47%, salah satunya disebabkan karena kompetensi wrausaha yang rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kompetensi berwirausaha dari aspek pembelajaran kewirausahaan, prakerin, dan kecerdasan emosional dengan keterlibatan siswa sebagai variabel moderasi. Jenis dan desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan populasi siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK N 9 Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 104 responden dengan teknik total sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi analisis SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha, prakerin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha, dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha. Adapun pada uji moderasi, keterlibatan siswa tidak memoderasi pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap kompetensi berwirausaha, keterlibatan siswa mampu memoderasi pengaruh prakerin terhadap kompetensi berwirausaha, dan keterlibatan siswa mampu memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kompetensi berwirausaha.
Kata Kunci: Kompetensi Berwirausaha, Pembelajaran Kewirausahaan, Prakerin, Kecerdasan Emosional, Keterlibatan Siswa
Full Text:
PDFReferences
A. M. Idkhan, A. M., & Irfan. (2020). Dampak Praktek Kerja Industri Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa. 9, 3367–3372.
Arthur H. Kuriloff, J. M. (1993). Starting And Managing The Small Business. New York: Mc Graw Hill.
Asriyanti, R. D., & Aslamawati, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Student Engagement Mahasiswa Hubungan Internasional di Bandung. Prosiding Psikologi, 7(2), 334-339.
Astin, A. W. (1984). Student Involvement: A Developmental Theory for Higher Education. Journal of College Student Development, 40(5), 518-529.
Bappenas. (2022). Strategi Nasional Kewirausahaan Pemuda. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.
Barinua, V., Olarewaju, & Olatokunbo, V.-J. (2022). The Impact of Skill Acquisition on Entrepreneur Development. Saudi Journal of Business and Management Studies, 7(5), 137-146.
Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoritical and Empicical Analysis, with Special eference To Education. In The National Bureau of Economic Research (3rd ed., Vols. s1-IV, Issues. 92). The University of Chicago Press.
Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran kewirausahaan, Efikasi Diri, Dan Locus of Control Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.
Citradewi, & Margunani. (2016). Pengaruh Kepribadian, Pembelajaran kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 519-531.
Desjardins, R., & Ioannidou, A. (2020). The Political Economy of Adult Learning Systems—Some Institutional Features That Promote Adult Learning Partisipation. German Institute for Adult Education (DIE), 143-168.
Dessy. (2020). The Influence Of Emotional Intelligence And The Potential Of Entrepreneurship To The Success Of Entrepreneurship: A Study On Toraja Ethnic Entrepreneurs In Ambon City. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(2), 110-117.
Destiana, Jasrial, Yandes, J., Fadillah, S., Nurhayati, S., & Santosa, A. (2023). Tinjauan Pembelajaran kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Dimoderasi oleh Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 9(2), 21-28.
Dewi, M. (2019). Kamdi, W., & Mulya Dewi, D. (2019). The Effectiveness of Industrial Work Practice in Preparing the Capabilities of Students to Enter the Business, Industrial World (DUDI) and Industrial Revolution 4.0. Social Science, Education and Humanities Research, 95-99.
Din, B. H., Anuar, A. R., & Usman, M. (2016). The Effectiveness of the Entrepreneurship Education Program in Upgrading Entrepreneurial Skills among Public University Students. Social and Behavioral Sciences Journal, 117-123.
Fajri, I., Riamanda, I., Mirza, & Rachmatan, R. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Orang Tua Terhadap Motivasi Wirausaha Pada Mahasiswa Akhir Unsyiah . Indonesian Journal of Islamic Psycology, 3(1),37-58.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Firdaus, R. F., Kusumah, I. H., & Sulaeman. (2018). Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Berwirausaha. Journal of Mechanical Engineering Education, 99-105.
Fitriani, E., Fatkhurrohman, M., & Kusumantoro. (2023). Pengaruh Praktik Kerja ndustri, Pembelajaran Unit Produksi, Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Berwirausaha Dengan Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Moderasi. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 10(2), 132-146.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) Dilengkapi Software Smartpls 3.0 XIstat 2014 dan WarpPLS 4.0 (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Kusumadewi, K. A. (2014). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro: Yoga Pratama.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gozali, Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga Untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 46-50.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (MVDA). In 7 (Ed.), Pharmaceutical Quality by Design: A Practical Approach. Pearson Education Limited.
Handerson. (2018). The Importance of Entrepreneurial Competence in Activities Verslumo Kompetencijos Svarba Veikloje. Holistic Learning, 2424–4104.
Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Akuntansi, dan Keuangan, 2(1),57-71.
Hayton, J. C., & Kelley, D. J. (2006). A Competency-Based Framework for Promoting Corporate Entrepreneurship. Human Resource Management, 45, 407–427.
Hutami, P., & Ifnaldi. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Kegiatan Prakerin Terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 79-94.
Istianingsih, D. (2019). Kewirausahaan Buku Ajar Mahasiswa. Jakarta: PT Tribudhi Pelita Indonesia.
Kamdi, W., & Dewi, D. M. (2019). The Effectiveness of Industrial Work Practice in Preparing the Capabilities of Student to Enter the Business, Industrial World (DUDI) and Industrial Revoution 4.0. Social Science, Education and Humanities Research, 95-99.
Kasner, C., & Bruce, R. (2005). On the job training. Gravure OCT, 66-67.
Kaur, H., & Bains, A. (2018). . Understanding the Concept of Entrepreneur Competency. Journal of Business Management & Social Sciences Research, 2(11), 31-33.
Kemendikbud. (2019, Maret 22). Mendikbud Dorong Siswa SMK Jadi Wirausaha di Era Industri 4.0. Diambil kembali dari https://www.kemdikbud.go.id
Kementerian Koperasi dan UKM. (2022). Kejar Target Rasio Kewirausahaan KemenKopUKM Kick Off Program Patenpreneur 2022. Jakarta.
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 228-240.
Kusmintarti, A. (2016). Karakteristik Wirausaha Memediasi Pengaruh Pembelajaran kewirausahaan Terhadap Sikap Kewirausahaan. Industrial Ressearch, Workshop, and National Seminar, 138-146.
Le, Q., Ling, T., & Yau, J. (2018). Do International Cocurricular Activities Have an Impact on Cultivating a Global Mindset in Business School Students? Journal of Teaching in International Business, 29(1), 62-75.
Lelliezza, P., Musadeq, A., & Prasetya, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran kewirausahaan, Karakter Wirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Motivasi Usaha Sebagai Intervening. Jurnal Sketsa Bisnis, 6(2), 125-136.
Marvel, M. R., Davis, J. L., & Sproul, C. R. (2016). Human Capital and Entrepreneurship Research: A Critical Review and Future Directions. Entrepreneurship: Theory and Practice, 40(3), 599-626.
Muis, A., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa, Motivasi Belajar Terhadap Keterlibatan Siswa di Sekolah Dimoderasi Oleh Lingkungan Keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16173-16189.
Muliadi, A., Mirawati, B., & Armansyah. (2022). Effect of Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Attitudes. Multi Discere Journal, 15-22.
Mustikasari, S., & Kurniawan, R. Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Self Efficacy Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(1), 12-22.
Neswari, A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Program Kelas Alfamidi dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1701-1709.
Nugraha, B. G. (2021). Kompetensi Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian di Provinsi Jawa Barat [Disertasi].
Nurellah, W. (2019). Pengaruh Student Engagement Terhadap Kompetensi Operasional Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Journal of Economics Education, 6(2), 50-62
Ostergarrd, A., & Marinova, S. (2018). Human Capital in the Entrepreneurship Ecosystem. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 35(3), 371-390.
Page, M. E. (2010). Signaling in the Labor Market. International Encyclopedia of Education (Third Edition). In P. Peterson: Elsevier.
Prayoga, R. W., & Fadjar, N. S. (2021). Determinan Berwirausaha di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 2-11.
Prianto, A., Winardi, & Qomariah, U. N. (2019). Penguatan Employability dan Entrepreneurability Siswa SMK. Yogyakarta: Kaizen Sarana Edukasi.
Rachmawati, P. S., Baedhowi, & Totalia, S. A. (2018). Pengaruh Praktik Kerja dii Unit Produksi dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XI di SMK N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1-16.
Rahmawati, A., & Fathur Rahman, M. (2024). Peran Sikap Kewirausahaan dalam Memoderasi Pengetahuan Kewirausahaan dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 239-250.
Rakib, M. (2021). Entrepreneurship Education Development In Dealing Asean Economic Community. ICMSTEA: International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Application, 280-285.
Ramadona, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2).124-142.
Rimbano, D., & Putri, E. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15(1), 12-32.
Rizki, N. A., Suyadi, B., & Setyadi, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hard Skill Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 89-95.
Rusdiana, D. H. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sa'adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati , 69-75.
Scarborough, N. M. (2016). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson, 10 (2), 56-97.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business A Skill-Building Approach. 7th Edition. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Cet 2). Bandung: Alfabeta.
Sukawati, R. (2018). Penyusunan Paket Pelatihan Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal Untuk Mahasiswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 22-31.
Tachibanaki, T. (2001). Education and Income Distribution. N. J. Smelser & P.B. B. T.-I. E. of the S. & B. S. Baltes, 4186-4189.
The SMERU Research Institute. (2020). Catatan Kebijakan No. 1/Mar/2020: Mewujudkan Ekonomi Digital yang Inklusif. Diambil kembali dari http://smeru.or.id/sites/default/files/publication/pb_edi-in.pdf
Ulum, M. R., Yanto, H., & Widiyanto. (2017). Kontribusi Motivasi Berprestasi, IPK dan Student Engagement dalam Membangun Kompetensi Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economics Education, 6(2), 106-113.
Unger, J. M., Rauch, A., Frese, M., & Rosenbusch, N. (2011). Human Capital And Entrepreneurial Success: A Meta-analytical review. Journal of Business Venturing , 26(1), 341-358.
U-Report Indonesia. (2019). Anak Muda dan Kewirausahaan? Jajak pendapat Youth Co:Lab dari UNDP dan Citi Foundation bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga. Diambil kembali dari https://indonesia.ureport.in/opinion/3795/
Wahyuni, A. E., & Sukirman. (2018). Peran Student Engagement dalam Memoderasi Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning Terhadap Kompetensi Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 92-106.
Walliman, N. (2021). Research Methods The Basics (3rd ed.). London: Routledge.
Wijaya, K. V. (2021). Analisis Pengaruh Dimensi Kecerdasan Emosional Terhadap Kognisi Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan Perguruan Tinggi Indonesia. Indonesian Journal of Accounting and Governance, 14-44.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v9i1.18793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.