PENGARUH IMPLEMENTASI SOFTWARE AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DENGAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Implementasi Software Akuntansi (Siskeudes) terhadap Kinerja Perangkat Desa dengan Perceived Enjoyment Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode survei. Terdapat satu variabel independen yaitu (X) Implementasi Software Akuntansi. Variabel dependen (Y) Kinerja Perangkat Desa dan variabel intervening (Z) adalah Perceived Enjoyment. Populasi penelitian ini adalah seluruh perangkat desa yang menjabat sebagai Kaur Keuangan di Kecamatan Wonosalam. Data sebagai sampel adalah seluruh Kaur Keuangan desa di Kecamatan Wonosalam yaitu 21 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Software Akuntansi (Siskeudes) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Kinerja Perangkat Desa (2) Implementasi Software Akuntansi (Siskeudes) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Enjoyment (3) Perceived Enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perangkat Desa (4) Perceived Enjoyment terbukti memediasi penuh hubungan antara Implementasi Software Akuntansi (Siskeudes) dan Kinerja Perangkat Desa.m
Kata kunci : Implementasi Software Akuntansi (Siskeudes); Kinerja Perangkat Desa; Perceived Enjoyment
Full Text:
PDFReferences
Budi Santoso, (2017), Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi (Studi Empiris di Kabupaten Sragen), Jurnal Studi Akuntansi Indonesia diakses dari https://eprints.uns.ac.id/15009/1/Publikasi_Jurnal_(31).pdf pada 7 Nopember 2018.
Davis, F.D, Bagozzi. R.P. & Warshaw. P.R., (1989), User acceptance of computer technology: a compari-son of two theoretical models, Management Science, 35, 982-1003.
Honeman, C.T., (1997), “Introduction to managerial performance”, Prentice Hall.
Website BPKP Sistem Keuangan Desa : http://www.bpkp.go.id/berita/read/18255/0/Keunggulan-Aplikasi-Siskeudes-.bpkp di akses pada tanggal 7 Nopember 2018
Indrasari, Meithiana, (2017), Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan, Indomedia Pusaka ,Yogyakarta, 50-51.
Kang, Sungmin, (1998), “Information Technology Acceptance : Evolving with the Changes in the Network Environment” Center for information system management department of management science and information system graduate school of business. The University of Texas at Austin. IEEE.
Kasmir, (2016) “Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik)”, Rajawali Pers, Jakarta, 182.
Khalid Al-Momani dan Nor Azila Mohd Noor, (2009), “E-Service Quality, Ease of Use, Usability and Enjoyment as Antecedents of E-CRM Performance: An Empirical Investigation in Jordan Mobile Phone Services”, The Asian Journal of Technology Management, Vol. 2 No. 2, 54.
Nawawi, Ismail, (2013) Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja: Proses Terbentuk, Tumbuh Kembang, Dinamika, dan Kinerja Organisasi, Kencana Prenada Media, Jakarta, 211-214.
Ni’matul Fadlilah, (2018), Skripsi “Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment terhadap Kinerja Karyawan BMT UGT Sidogiri” UIN Sunan Ampel Surabaya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. diakses di http://digilib.uinsby.ac.id/24255/1/Ni%27matul%20Fadlilah_G94214151.pdf pada 7 Nopember 2018.
Sholihin, Mahfud, Dwi Ratmono. (2013). Analisis SEM-PLS dengan warp pls 3.0 untuk hubungan non linier dalam penelitian sosial dan bisnis. Yogyakarta: Andi.
Waspodo, Lego, (2014) “Pengaruh Implementasi Software Akuntansi Terhadap Kinerja Pegawai: Perceived Enjoyment dan Computer Playfulness Sebagai Variabel Moderating” Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.5 No.2 September, 209-222.
Widiastuti, Budi, (2006), Pengaruh Beban Kerja Motivasi dan Kemampuan terhadap kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.
World Bank: (2001), Definition of E-Government. Desember 12. Available at: http://go.worldbank.org/M1JHE0Z280 di akses pada tanggal 7 Nopember 2018.
Yuping Li, (2016) “Empirical Study Of Influential Factors of Online Customers’ Repurchase Intention”, iBusiness, 8 September, 49.
Zhang, Ping, Heshan Sun, (2006), An Empirical Study on Causal Relationships between Perceived Enjoyment and Perceived Ease.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v3i2.3219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.