PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT NU SEJAHTERA MIJEN SEMARANG

Dyah Kusumawati

Abstract


Koperasi merupakan salah satu unsur penting sebagai penyangga perekonomian bangsa. Jumlah anggota di KSPPS BMT NU Sejahtera beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan anggota  di KSPPS BMT NU Sejahtera. Tipe penelitian adalah explanatory. Sampel penelitian dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara editing, coding dan tabulating. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, sedangkan pengujian hipotesis dengan statistik korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian, ada pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan anggota dengan korelasi ganda sebesar 0,920 dengan F test, Fh > Ft atau 129,49 > 3,18. Sumbangan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan anggota di KSPPS BMT NU Sejahtera sebesar 92%. Saran dalam penelitian ini adalah KSPPS BMT NU Sejahtera harus dapat mempertahankan kondisi yang sudah baik ini dengan meningkatkan sikap tanggap pegawai, memperhatikan kebutuhan dan keinginan anggota dengan cara menambah jenis usaha koperasi dan promosi yang intensif serta perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap variabel-variabel lain di luar penelitian.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan anggota


Full Text:

PDF

References


Cooper R. G and E. J Kleinschmidt, What Makes a New Product a Winner: Success Factors at Tire Project Level, R&D Management, 1990.

Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran. (Edisi III), Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008.

Gasperz, V, Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1997.

Michael X. Song and Mark E. Parry, A Cross- National Comparative Study of New Product Development Process : Japan and The United State, Journal of Marketing, Vol. 61 April 1997.

Philip Kotler, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc. 1997.

------ Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc. 2000.

Philip Kotler dan AB Susanto, Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta, 2000.

Philip Kotler dan Amstrong, Manajemen Pemasaran Jilid 2, Terj.Benyamin Molan, Drs, PT. Indeks, Jakarta, 2002.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta, 2009.

Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. Edisi III, Salemba Empat, Jakarta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke 16, Alfabeta, Bandung, Agustus 2012.




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v3i2.3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.