STRATEGI PEMASARAN PENGRAJIN BATIK TULIS LASEM DI DESA WISATA BATIK TULIS BABAGAN LASEM KECAMATAN LASEM

Mario Fahmi Syahrial

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran pengusaha batik lasem dan kendala-kendala dalam pemasaran batik lasem oleh pengusaha batik tulis  di desa wisata batik tulis lasem di kecamatan Lasem kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian adalah merupakan  penelitian  kualitatif, dengan  jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengrajin batik tulis lasem di desa wisata batik tulis Babagan adalah meningkatkan kualitas produk dengan menerapkan green product, melakukan promosi di website dan media sosial, menerapakan strategin[v1]  membeli dengan pengalaman. dan bertempat di kawasan pecinan  yang memiliki nilai sejarah tinggi

Kata Kunci :Batik, Strategi, Pemasaran

 [v1]Strategi bukan strategin


Full Text:

PDF

References


Agus Retnanto, Jurnal Ekonomi Syariah EQUILIBRIUM, Vol. 3, No. 1, Juni 2015journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/download/1278/pdf

KM, Ditjen, Gema Industri Kecil : Media Informasi Industri Kecil Menengah, Ditjen IKM, IX Oktober 2010

Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis,planning, implementation, and control (9 th edition) : New Jersey:Prentice Hall

Kotler, P & Amstrong, D (2001) Priciples Of Marketing (9th edition), New Jersey: Pretince-Hall

Kotler, P. & Gertner, D. (2002). Theoretical papers. Country as brand, product, and beyond: A place marketing and brand management perspective. Special Issue Brand Management,Vol. 9, no 4-5, April 2002, pp. 249-261.

Nuryanti, Wiendu (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya.: Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Suwandi dan Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : P.T Rineka Cipta.

UNECA : Economic Commission for Africa. (February, 2001) . Enhancing the Competitiveness of Small and Medium Enterprises in Africa. ww.uneca.org




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v4i1.3814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.