PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PURWOKERTO DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS

Sofiatul Khotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model blended learning terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Purwokerto ditinjau dari berpikir kritis menggunakan media edmodo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode penggumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengetahui prestasi belajar siswa, sedangkan untuk kemampuan berpikir kritisnya menggunakan nilai keaktifan siswa didalam kelas. Data yang terkumpul kemudian di uji dengan Uji Normalitas, Homogenitas, dan Anova serta uji T untuk pretest dan posttest, sedangkan untuk data keaktifan di uji dengan Uji Regresi dan Uji Independent Sampel T-Test. Hasil Analisis Menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara model blended learning dengan prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh positif antara kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) terdapat interaksi positif antara model blended learning terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Model Blended Learning, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. (2015). EDUCATIONAL RESEARCH, Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative (Edisi Ke-5). Yogyagkarta: Pustaka Pelajar.

Megawati, Yulia., dan Dhiah Fitrayati. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi Kelas X IIS DI SMAN 2 MEJAYAN MEDIUN, Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Universitas Negeri Surabaya. pp 1-6.

Rachmadtullah, R. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 6, No. 2, pp 287-298.

Rasiman. Tanpa Tahun. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Seamolec. (2013). Buku Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec

Sihabudin. (2016). Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam Pada Mahasiswa Yang Memiliki Locus of Control Berbeda, JINOTEP, Vol. 3, No 1, pp 72-89.

Sjukur, Sulihin B. (2012). ‘Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3, November 2012, pp 368-378.

Susilo, Agus., dan Sarkowi. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi, Hitoria: Jurnal Pendidikan dan Peneliti Sejarah, Vol II, No 1, Oktober 2018, pp 44-50.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D. A. Dan Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol 1. pp 263-271.

Williams, P. (2010). Beyond Control: Will Blended Learning Subvert National Curricula? Dalam Eugenia M.W. Ng. (Ed). Comparative blended learning practices and environment. New York: IGI Global.




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v5i2.7134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.