PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Wisatawan Masjid Agung Demak)
Abstract
Persaingan ketat di dunia pariwisata menyebabkan persaingan di dalam menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke tempat wisata yang sama. Hal ini menjadi perhatian penting bagi pengelola tempat wisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana nilai pelanggan (NP) dan citra destinasi (CD) yang dibentuk oleh tempat wisata Masjid Agung Demak dapat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (KP) sehingga memunculkan niat untuk berkunjung kembali (NBK). Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Hasil kuesioner dihitung dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS . Hasil penelitian menunjukkan, pengaruh secara langsung adalah NP berpengaruh positif dan signifikan terhadap KP sebesar 0,493. CD berpengaruh positif dan signifikan terhadap KP sebesar 0,647. NP berpengaruh positif dan signifikan terhadap NBK sebesar 0,436. CD berpengaruh positif dan signifikan terhadap NBK sebesar 0,580. KP berpengaruh positif dan signifikan terhadap NBK sebesar 0,593. Hasil dari pengaruh tidak langsung adalah KP tidak dapat menjadi variabel mediasi antara NP terhadap NBK (B=0,540<0,661) dan KP juga tidak dapat menjadi variabel mediasi antara CD terhadap NBK (B=0,619<0,762)
Kata Kunci:nilai pelanggan, citra destinasi, kepuasan, niat berkunjung kembali
Full Text:
PDFReferences
Beerli, Asuncion & Josefa D. Martin. 2003. Tourist’ Characteristics and The Perceived Image of Tourist Destinations: A Quantitative Analysis a Case Study of Lanzarote. Spain Journal of Tourism Management.
Bigne, J. Enrique, Sanchez, M. Isabel, Sanchez, Javier. 2001.
Tourism Image Evaluation Variables and After Purchase Behaviour. Journal Tourism Management, 22 (2001) 607-616. Eleveir
Chen, Ching-Fu, Dung Chun Tsai. 2007. How Destination Image and Evaluative Factors Affect Behavioral Intentions?. Tourism Management Elsevier. Edisi 28. Hal 1115-1122.
Cooper dan Emory. 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta:Erlangga.
Kasdi, A; Saifudin, S. Influence of Sharia Service Quality, Islamic Values, and Destination Image toward Loyalty Visitors’ on Great Mosque of Demak. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 117-129, nov. 2019. ISSN 2615-420X. Available at: . Date accessed: 24 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/ijibec.v3i2.1909.
Kotler, Philip. 2004. Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Kuncoro, Mudrajad. 2009.Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi: Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Luo, S.J. & Hsieh, L.Y. 2013. Reconstructing Revisit Intention Scale in Tourism.Journal of Applied Science, 13, (18), 3638-3648.
Mahasuweerachai, Patcharaporn, Hailin Qu. 2011. The Impact of Destination Image on Value, Satisfaction, and Loyalty: Moderating Effects of Tourists’ Characteristics and Involvement School of Hotel and Restaurant Administration Oklahoma State University.
Meng, Shiang-Min, Gin-Shuh Liang and Shih-Hao Yang. 2011. The Relationships of Cruise Image, Perceived Value, Satisfaction, and Post-purchase Behavioral Intention on Taiwanese Tourists. African Journal of Business Management. 4 January 2011. Vol. 5 (1), hal. 19-29.
Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Robertson, R.A. & Regula, J.D. 1994. Recreational Displacement and Overall Satisfaction: A Study of Central Iowa’s Licensed Boaters.Journal Leisure Research, 26, (2), 174-181.
Saifudin, S. 2019, Pengaruh Iklan Islami Terhadap Minat Beli Calon Konsumen Matahari Dept. Store di Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam,7 (2), 143-160.
Tasci, D.A dan Kozak, M. 2006. Destination Brands vs Destination Image: Do We Know What We Mean. Journal of Vacation Marketing.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2014. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Y. Reisinger and L. W. Turner. 2003. Cross‐cultural Behaviour in Tourism: Concepts and Analysis. Oxford: Butterworth Heinemann.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v5i2.7437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.