MINAT BELAJAR MEMEDIASI PENGARUH FASILITAS DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran minat belajar dalam memediasi pengaruh fasilitas belajar dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 61 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2018, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi untuk mengukur pemahaman akuntansi mahasiswa dan penyebaran kuesioner untuk mengukur fasilitas, perilaku dan minat belajar mahasiswa, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini memperoleh hasil (1) fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi karena mempunyai nilai signifikansi 0,337. (2) perilaku belajar secara signifikan berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi sebesar 24,5% dengan tingkat signifikansi 0.02. (3) fasilitas belajar berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 66,9% dengan tingkat signifikansi <0,001. (4) perilaku belajar berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 28% dengan tingkat signifikansi 0,010. (5) minat belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi sebesar 42% dengan tingkat signifikansi <0,001. (6) minat belajar dapat memediasi pengaruh fasilitas belajar terhadap pemahaman akuntansi sebesar 28,1% dengan tingkat signifikansi <0,001. (7) Minat belajar tidak dapat menjadi mediasi pengaruh perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi karena mempunyai nilai signifikansi 0,091.
Kata Kunci: Fasilitas dan perilaku belajar, minat belajar, pemahaman akuntansi
Full Text:
PDFReferences
Agustina, and Debi Melda Yanti. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 5(1):11–20.
Chao, Jessica L., Paul A. McDermott, Marley W. Watkins, Anna Rhoad Drogalis, Frank C. Worrell, and Tracey E. Hall. 2018. “The Learning Behaviors Scale: National Standardization in Trinidad and Tobago.” International Journal of School and Educational Psychology 6(1):35–49. doi: 10.1080/21683603.2016.1261055.
Dini, Ega Sri, Yunia Wardi, and Sri Ulfa Sentosa. 2019. “The Influence of Parent’s Attention, Parents Education Background, Learning Facilities and Learning Motivation toward Student Learning Achievement.” 64:308–16. doi: 10.2991/piceeba2-18.2019.105.
Dityawati, Meilana Sapta, and Wuryadi. 2019. “The Influence of Learning Motivation, Ability of Teachers to Teach, Parental Attention and Learning Facilities in Understanding Material of Regulatory System in Senior High School.” Journal of Physics: Conference Series 1233(1). doi: 10.1088/1742-6596/1233/1/012003.
Feriady, Muhammad, Harnanik, and St Sunarto. 2012. “Pengaruh Persepsi Siwa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar Ips Kelas Viii Smp N 3 Purbalingga.” ECONOMIC EDUCATION ANALYSIS JOURNAL 1(2):1–7.
Feriady, Muhammad, and Sunarto Harnanik St. 2012. “Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi.” EEAJ (Economic Education Analysis Journal) 1(2):1–7.
Ghozali, I., and H. Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0 (2nd Ed.). Semarang: Universitas Dipone-goro Semarang.
Handayani, Titik. 2015. “Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Era Global.” Jurnal Kependudukan Indonesia 10(1):53–64. doi: https://doi.org/10.21831/economia.v8i1.800.
Harackiewicz, Judith M., Jessi L. Smith, and Stacy J. Priniski. 2016. “Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education.” Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences 3(2):220–27. doi: 10.1177/2372732216655542.
Ilomo, Onesto, and Mlavi Berbard. 2016. “The Availability of Theaching and Learning Facilitiesand Their Effects on Academic Performance in Word Secondary Schools in Muheza - Tanzania.” International Journal of Educational Research2 (6):571–82.
Indonesia, Republik. 2003. “Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Khairairatunnazah, Muhyarsyah, and E. Nurmalasari. 2018. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Pemahaman Matakuliah Pelaporan Dan Laporan Keuangan Dengan Internal Lotus Of Control Sebagai Variabel Moderasi.” Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiah (APPTMA) 8(1):1–12.
Madhuri, Novi Ilhami. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa.” JPEKA (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 1(1):31–33.
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 1(1):150–68. doi: 10.24090/jk.v1i1.536.
Narindra, A. A. Ngr Mayun, and I. Gusti Ayu Nyoman Budiasih. 2018. “Pengaruh Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Minat Belajar Dan Kepercayaan Diri Sebagai Pemediasi.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7(3):903–30.
Nurani, Abdullah Igo, and Ramly. 2020. “Hubungan Antara Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari.” Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi 5(2):54–59.
Pitoyo, Agus, and Riana Sitawati. 2017. “Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional ( EQ ) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014).” Jurnal INFOKAM 13(1):51–60.
Rokhana, Linda Atik, and Sugeng Sutrisno. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.” Media Ekonomi Dan Manajemen 31(1):26–38.
Safitri, Shinta Ayu, and Agung Listiadi. 2020. “Kepercayaan Diri Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.” JPEKA (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 4(2):87–98.
Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Saryanti, Endang. 2011. “Kajian Empiris Atas Peilaku Belajar, Efikasi Diri Dan Kecerdasan Emosional Yang Berpengaruh Pada Stress Kuliah Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta Di Surakarta.” E-Jurnal PROBANK 1(7):1–23.
Sholihin, Mahfud, and Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 3.0 : Untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial Dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Siregar, Christina N., Hamdani Arifulsyah, and Yefni. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Tentang Akuntansi Keuangan Menengah.” Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis 12(2):47–56. doi: https://doi.org/10.35143/jakb.v12i2.3366.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineken Cipta.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineken Cipta.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineken Cipta.
Sucipto, Agung, and Agung Listiadi. 2019. “Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Akuntansi, Dan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7(3):512–19.
Sudiyani, Ni Nyoman, and Anak Agung Putu Gede Bagus Arie Susandya. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi : Minat Belajar Sebagai Variabel Mediasi.” JUARA Jurnal Riset Akuntansi 10(2). doi: https://doi.org/1036733/juara.v10i2.1340.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39.
Tokan, Moses Kopong, and Mbing Imakulata. 2019. “The Effect Of Motivation and Learning Behaviour On Student Achivement.” South African Journal Of Education 39(1):1–8.
Usman, Osly, and Nanine Ivana. 2019. “The Effect of Emotional Intelligence, Learning Behavior, Learning and Interest, Self Efficacy on the Level of Understanding Accounting.” SSRN Paper. doi: https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3511091.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v6i2.9781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.