Nilai Solidaritas dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terintegrasi Permainan Tradisional (Benteng-Bentengan) di Kelas V
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abda’u, Nanda Fauzia, Fattah Hanurawan, and Sutarno Sutarno. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Anak SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5, no. 1 (2020): 4.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13108/5986.
Abidah, Annisa Fathoni, Rukayah, and Nurul Kusuma Dewi. “Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendekia 7, no. 2 (2019): 106. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/36332/23603.
Barkah, A, T Mardiana, and M Japar. “Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pkn.” Pedagogi: Jurnal Penelitian … 7, no. November (2020): 123–136.
https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/3426.
Fauzi, Wildan Nuril Ahmad. “Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar Semasa Pandemi Covid-19: Indonesia.” Jurnal Al-Mafahim: Pendidikan Guru … 5, no. 2018 (2021): 17. http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/18/18.
Hero, Hermus, and Nofita Dua Nalu. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDI ST. Yosef Maumere.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 129.
jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047.
Istiqomah, Hascita, and Suyadi. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta).” El-Midad: Jurnal PGMI 11, no. 2 (2019): 155. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1900/998.
Kurniawan, Mochamad Azis, A.Y. Soegeng Ysh, and Filia Prima Artharina. “Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 2, no. 2 (2021): 202. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1174/803.
Marintan, Dwi, and Nina Yuminar Priyanti. “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Setia Perumnas 3 Bekasi Timur.” Jurnal Pendidikan dan Bisnis 3, no. 2 (2022): 204. http://ejournal-pancasakti.ac.id/index.php/jpb/article/view/73/63.
Murni, Sri, and Raja Sabaruddin. “Pemanfaatan Qr Code Dalam Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa Berbasis Web.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 4, no. 2 (2018): 200. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi/article/view/2144.
Nurafni, Andi. “Pengaruh Kerja Keras, Sikap Pantang Menyerah, Dan Tanggung Jawab Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional Mode’ Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Skripsi (2020): 49. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17234/1/PENGARUH KERJA KERAS%2C SIKAP PANTANG MENYERAH.pdf.
Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1698.
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2017&as_yhi=2022&q=Sikap+saling+menghargai+penting+untuk+ditanamkan+pada+diri+peserta+didik+mengingat+di+negara+ini+terdiri+dari+berbagai+macam+suku+bangsa%2C+budaya%2C+agama%2C+dan+etnis.+&btnG.
Prayitno, Harun Joko, Faradiyah Nurul Rahmawati, Khoirunnisa Ismi, Nur Intani, and Fajar Gemilang Pradana. “Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2022): 2. https://www.ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261/84.
Rahayu, Tri. “Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran.” Jurnal Institusi Misbahul Ulum 1, no. 2 (2019): 117.
http://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/7/3.
Rahmawati, and Birru Muqdamien. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Model Team Games Tournament.” Primary: Jurnal Keilmuan 8, no. 1 (2016): 112. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/150/152.
Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ).” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (2020): 663.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/406/pdf.
Sakti, Bayu Purbha. “Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2020): 221. http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/659.
Satrianawati. “Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2017): 54.
https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3882/3449.
Sumual, Ike Fari Fadila, Pryo Sularso, and Budiyono. “Upaya Menumbuhkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Bakiak.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 7, no. 2 (2019): 121.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5922/2556.
Susanto, Bahtiyar Heru. “Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Morak Kemasyarakatan 2, no. 2 (2017): 127–128. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/2248/pdf_1.
Syahrial, Agung Rimba Kurniawan, Alirmansyah, and Arahul Alazi. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan Pada Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2019): 232. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/8455.
Syahyudin, Dindin. “Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa.” GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan 2, no. 1 (2019): 274. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/23048.
Wijaya, Sri Hilmi Pujihartati dan Mahendra. “Dinamika Kelompok Sosial Anak Dalam Pelestarian Permainan Tradisional.” Jurnal Analisa Sosiologi 8, no. 1 (2019): 122–123. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/28896/19888.
Witarsa, Ramdhan, Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, and Neneng Rini Haerani. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik 6, no. 1 (2018): 9–10.
https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432/334.
Wulandari, Siti, and Masrukhi. “Karakter Peduli Sosial Mahasiswa Penerima Beasiswa Produktif Baznas Dalam Upaya Tanggap Bencana Di Kota Semarang.” Unnes Civic Education Journal 8, no. 1 (2022): 63.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej/article/view/56750/21653.
Yulianti, Nidha, and Anis Fuadah Z. “Permainan Tradisonal Lojo (Palejo) Dari Provinsi Sulawesi Tenggara Dan Pembentukan Karakter Kerja Keras Pada Peserta Didik SD/MI Di Indonesia.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 11, no. 2 (2020): 133.
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/3941/3353.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.12540
Refbacks
- There are currently no refbacks.