Nilai Solidaritas dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terintegrasi Permainan Tradisional (Benteng-Bentengan) di Kelas V

putri minang, edhy rustan, Hisbullah hisbullah

Abstract


Nilai solidaritas peserta didik dirasa belum tercapai dengan baik yang dikarenakan lebih sering bermain gadget sehingga jarang berinteraksi dengan orang lain disekitarnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui model pembelajara kooperatif tipe Temas Games Tournament terintegrasi permainan tradisional (benteng-bentengan) yang diterapkan guru kelas V di SDN 141 Minanga Tallu Kabupaten Luwu Utara, nilai solidaritas peserta didik kelas V, dan model pembelajaran kooperatiif tipe Teams Games Tounrament terintegrasi permainan tradisional (benteng-bentengan) yang seharusnya diterapkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deksriptif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi merupakan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 5 langkah pada model pembelajaran TGT terintergasi permainan tradisional benteng-bentengan yang dibuat oleh guru kelas V. Nilai solidaritas peserta didik kelas V belum tercapai dengan baik menggunakan kelima langkah model tersebut. Kemudian dilakukan penambahan langkah pada model tersebut menjadi 14 langkah yang baru dan lebih spesifik untuk ketercapaian nillai solidaritas peserta didik yang lebih baik.

References


Abda’u, Nanda Fauzia, Fattah Hanurawan, and Sutarno Sutarno. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Anak SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5, no. 1 (2020): 4.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13108/5986.

Abidah, Annisa Fathoni, Rukayah, and Nurul Kusuma Dewi. “Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendekia 7, no. 2 (2019): 106. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/36332/23603.

Barkah, A, T Mardiana, and M Japar. “Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pkn.” Pedagogi: Jurnal Penelitian … 7, no. November (2020): 123–136.

https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/3426.

Fauzi, Wildan Nuril Ahmad. “Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar Semasa Pandemi Covid-19: Indonesia.” Jurnal Al-Mafahim: Pendidikan Guru … 5, no. 2018 (2021): 17. http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/18/18.

Hero, Hermus, and Nofita Dua Nalu. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDI ST. Yosef Maumere.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 129.

jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047.

Istiqomah, Hascita, and Suyadi. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta).” El-Midad: Jurnal PGMI 11, no. 2 (2019): 155. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1900/998.

Kurniawan, Mochamad Azis, A.Y. Soegeng Ysh, and Filia Prima Artharina. “Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 2, no. 2 (2021): 202. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1174/803.

Marintan, Dwi, and Nina Yuminar Priyanti. “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Setia Perumnas 3 Bekasi Timur.” Jurnal Pendidikan dan Bisnis 3, no. 2 (2022): 204. http://ejournal-pancasakti.ac.id/index.php/jpb/article/view/73/63.

Murni, Sri, and Raja Sabaruddin. “Pemanfaatan Qr Code Dalam Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa Berbasis Web.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 4, no. 2 (2018): 200. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi/article/view/2144.

Nurafni, Andi. “Pengaruh Kerja Keras, Sikap Pantang Menyerah, Dan Tanggung Jawab Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional Mode’ Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Skripsi (2020): 49. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17234/1/PENGARUH KERJA KERAS%2C SIKAP PANTANG MENYERAH.pdf.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1698.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2017&as_yhi=2022&q=Sikap+saling+menghargai+penting+untuk+ditanamkan+pada+diri+peserta+didik+mengingat+di+negara+ini+terdiri+dari+berbagai+macam+suku+bangsa%2C+budaya%2C+agama%2C+dan+etnis.+&btnG.

Prayitno, Harun Joko, Faradiyah Nurul Rahmawati, Khoirunnisa Ismi, Nur Intani, and Fajar Gemilang Pradana. “Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2022): 2. https://www.ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261/84.

Rahayu, Tri. “Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran.” Jurnal Institusi Misbahul Ulum 1, no. 2 (2019): 117.

http://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/7/3.

Rahmawati, and Birru Muqdamien. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Model Team Games Tournament.” Primary: Jurnal Keilmuan 8, no. 1 (2016): 112. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/150/152.

Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ).” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (2020): 663.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/406/pdf.

Sakti, Bayu Purbha. “Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2020): 221. http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/659.

Satrianawati. “Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2017): 54.

https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3882/3449.

Sumual, Ike Fari Fadila, Pryo Sularso, and Budiyono. “Upaya Menumbuhkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Bakiak.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 7, no. 2 (2019): 121.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5922/2556.

Susanto, Bahtiyar Heru. “Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Morak Kemasyarakatan 2, no. 2 (2017): 127–128. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/2248/pdf_1.

Syahrial, Agung Rimba Kurniawan, Alirmansyah, and Arahul Alazi. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan Pada Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2019): 232. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/8455.

Syahyudin, Dindin. “Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa.” GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan 2, no. 1 (2019): 274. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/23048.

Wijaya, Sri Hilmi Pujihartati dan Mahendra. “Dinamika Kelompok Sosial Anak Dalam Pelestarian Permainan Tradisional.” Jurnal Analisa Sosiologi 8, no. 1 (2019): 122–123. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/28896/19888.

Witarsa, Ramdhan, Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, and Neneng Rini Haerani. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik 6, no. 1 (2018): 9–10.

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432/334.

Wulandari, Siti, and Masrukhi. “Karakter Peduli Sosial Mahasiswa Penerima Beasiswa Produktif Baznas Dalam Upaya Tanggap Bencana Di Kota Semarang.” Unnes Civic Education Journal 8, no. 1 (2022): 63.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej/article/view/56750/21653.

Yulianti, Nidha, and Anis Fuadah Z. “Permainan Tradisonal Lojo (Palejo) Dari Provinsi Sulawesi Tenggara Dan Pembentukan Karakter Kerja Keras Pada Peserta Didik SD/MI Di Indonesia.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 11, no. 2 (2020): 133.

https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/3941/3353.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.12540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.