PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 HIDUP RUKUN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SEMESTER I SD NEGERI PADASARI 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ardhita Dian Aslami, Sukamto Sukamto, Jumarni Jumarni

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas II SD Negeri Padasari 01 hanya sebesar 39,48%  atau 15 dari 38 peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 1 Hidup Rukun melalui model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual di kelas II Semester I SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 39,48%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 52,63%, dan siklus III yaitu 94,73%. Disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 1 Hidup Rukun di kelas II semester I SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal.


References


Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik,Umar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Kusnadi, Cecep & Sutjipto Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Second Edition.Philadelphia: Open University Press.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rusman.2014. Model-model Pembelajaran.Bandung: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikaksi Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.