PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN INSTRUMEN TES BAGI GURU SDN 2 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN

Ngadimin Ngadimin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat mengikuti kegiatan dan kemampuan pengembangan instrumen tes melalui penerapan supervisi klinis bagi guru SDN 2 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun sejumlah 3 orang yaitu kelompok guru kelas tinggi, yaitu guru kelas IV, V dan VI. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang mliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus I sebesar 79 menjadi 93 pada siklus II. Kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas memiliki kepentingan secara langsung dengan guru terutama dalam membina mengembangkan keterampilan dan pengetahuan guru yang berkaitan dengan pengembangan instrumen tes.

References


Gebhard. 2015. Models of Supervision: Choices. Dalam Jack C. Richards dan David Nunan (Ed.). Second Language Teacher Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Gronlund. 2017. Constructing Achiemement Tests. Englewoo Cliffs. N.J.: Prentice-Hall.

Nurgiyantoro. 2017. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PBFE.

Nurkancana dan Sumartana. 2018. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Soeharto. 2017. Prosedur Penilaian Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.. Jakarta: Bumi Aksara.

------------. 2017. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulo. Effendi. dan Godjali. 2018. Supervisi Klinis: Pendekatan Pembimbingan dalam Penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Gramedia.

Surapranata. 2015. Panduan Penulisan Tes Tertulis: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i1.15115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.