PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR PAI MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU

Siti Maemunah

Abstract


Tujuan dariĀ  penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar PAI melalui metode Team Game Tournament pada materi Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru di SDN 1 Kalipang Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif melalui TGT dapat meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa. Nilai rata-rata hasil tes siswa setiap siklus mengalami kenaikan. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata hasil tes siswa 55,42 dengan persentase ketuntasan 25%, siklus I pertemuan 2 diperoleh rata-rata hasil tes siswa 63,33 dengan persentase ketuntasan 38%, siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata hasil tes siswa 72,50 dengan persentase ketuntasan 54%, siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata hasil tes siswa 85,83 dengan persentase ketuntasan 100%, menunjukan peningkatan prestasi yang signifikan.

References


Haryono, Moh.. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Kualitas Belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti. Widyatama, Vol. 4.

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta

Suhadi. (2006). Meningkatkan Minat dan Kualitas Belajar Siswa Kelas II SMPN 4 Danau Panggang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments). http://Suhadinet.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2008.

Suhadi. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). http://Suhadinet.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2008.

Sumanto, Wasty. (1984). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Yogya. Yayasan Paramita.

Sutikno, Sobry. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung. NTP Press.

Trianto, Drs. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka.

Wardono. (2005). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan TGT (Teams Games Tournaments) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti pada Siswa SMP. (Laporan PTK). Semarang.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. PT. Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i1.15118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot