PENINGKATAN KINERJA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI KLINIS SECARA PERIODIK

Sri Hartini

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan supervisi klinis secara periodik bagi guru kelas di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini mengambil lokasi di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian adalah guru kelas 1; 2; 3; 4; 5; dan 6 di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan sejumlah 6 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya selalu ada perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembimbingan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah mengalami peningkatan dari hanya 50% pada pra siklus meningkat menjadi 80% pada siklus I dan 95% pada siklus II.

References


Ametembun. 2013. Pengantar Supervisi Pendidikan. Bandung: Suri.

Arikunto. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Tugas. Semarang: Mimbar Pendidikan.

Djamarah. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dodd. 2012. Prinsip-prinsip dalam Supervisi. Jakarta: Grafika.

Moleong. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Munandar. 2012. Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran. Semarang: Mimbar

Pendidikan.

Munir. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz media. Nawawi. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Aneka Ilmu.

Sahertian. 2007. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Satori. 2009. Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: Rosdakarya

Sedarmayanti. 2011. Pengembangan Kepribadian dalam rangka Meningkatkan Produktivitas Kerja. Bandung: Ilham Jaya.

Simamora. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. STIE YPKN. Solo. 2013. Pengantar Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Srimulyo. 2014. Kinerja Pegawai dalam Organisasi. Semarang: Mimbar Pendidikan.

Surya. 2013. Pengantar Psikologi Kependidikan. Bandung: Tarsito.

Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: LAN RI. Wahjosumijo. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya. Yamin & Maisah. 2010. Manajemen Kinerja Pegawai. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i1.15120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.