PENGGUNAAN MEDIA EDUCANDY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 6 BOJA

Nur Farida husnul Khotimah, Filia Prima Atharina, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh dari media pembelajaran educandy terhadap peningkatan hasil belajar bahaasa inggris siswa SD kelas V. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa SD Negeri 6 Boja. Sampel yang diambil yaitu kelas V yang berjumlah sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki yang diambil menggunakan tekhnik non probability sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran educandy, sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar. Data dikumpulkan melalui wawancarara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata nilai belajar bahasa inggris siswa kelas eksperimen adalah 86,36 dan kelas kontrol adalah 67,76. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar = 5,228 dengan ttabel = 1,709 dengan nilai Sig. (2 tailled) 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan (penggunaan media educandy). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang positif dari media educandy terhadap peningkatan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas V SD Negeri 6 Boja. Kata Kunci: media educandy, pembelajaran bahasa inggris, hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.16986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot