Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 6 Boja

Femalyya Noveda Vassya, Fajar Cahyadi, Ikha Listyarini

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 6 Boja. Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Kahoot terhadap minat belajar siswa kelas V. selain itu Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perubahan belajar siswa pada metode pembelajaran guru sebelumnya dengan metode setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran Kahoot di kelas V SDN 6 Boja.Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-experimental design dan tipe one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesa 70 dan rata-rata posttest sebesar 80. Berdasarkan hasil analisis data uji independent sample t-test dengan df = N-1=25-1 = 24, taraf signifikansi 0,05. Maka diperleh thitung = 3,074, ttabel = 1,708, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara nilai rata-rata sebelum adanya perlakuan dan sesudah adanya perlakuan. Untuk ketuntasan belajar apabila siwa memenuhi nilai KKM 75 maka siswa dinyatakan tuntas. Maka pada kegiatan pretest presentase yang muncul adalah 60% tuntas, sedangkan pada kegiatan posttest presentase yang muncul adalah 100% tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan media pembelajaran Kahoot berpengaruh pada minat belajar siswa kelas V SDN 6 Boja.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.