PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 3 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nadiyatus Sadiyah, Wawan Priyanto, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena guru belum mengembangkan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar muatan pembelajaran IPAS secara lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis karakteristik, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar BAB 3 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bucu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket validasi media sebesar  89%, angket validasi materi sebesar 98% angket respon peserta didik sebesar 98%, dan angket respon guru sebesar 100% yang berarti baik sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar BAB 3 muatan pembelajaran IPAS praktis dan efektif untuk siswa kelas IV SD.


References


DAFTAR PUSTAKA

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531

Ananda, R. R., Suradi, A., & Ratnasari, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Islamika, 4(3), 224–236. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1868

Arjihan, C., Putri, D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27.

Budiman, M. A., Untari, M. F. A., & ... (2022). English Teacher Profesionalism At Sd Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan …, 10(2), 125–133. https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i2.1154

Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.179

Destiana, O. (2020). A Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128–145. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Nababan, S. A., & Henra Saputra Tanjung. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia, XI(2), 233–243.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Setiani, S. A. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 473–490. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.995

Tanjung, & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.