ANALISIS KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS DI TK PELANGI KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG

Sela Mardhiya Nida, Ismatul Khasanah, Mila Karmila

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini berasal dari permasalahan yaitu kuragnya ide-ide atau pengetahuan anak saat bermain, anak lebih banyak meniru saat membuat hasil karya, komponen media loose parts yang kurang lengkap, dan kurangnya rasa percaya diri anak pada usia 5-6 tahun di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang. Penelitian ini terfokus pada analisis kreativitas anak usia 5-6 tahun melalu media loose parts, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan dan menjelaskan sejauh mana kreativitas pada anak melalui media loose parts pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang menunjukan bahwa kreativitas dapat ditemukan pada anak usia 5-6 tahun melalui media loose parts saat anak melakukan kegiatan bermain. Kreativitas anak dapat dilihat melalui ciri aptitude dan ciri non aptitude. Ciri-ciri kreativitas berkesinambungan dengan faktor pendukung dan faktor penghambat kreativitas. Media loose parts membantu guru dalam pembelajaran yang dapat menjadikan rasa ingin tahu anak muncul, kemudian anak tertarik untuk membuat hasil karya sehingga kreativitas yang dimiliki anak dapat berkembang secara optimal. Saran penelitian bagi guru dan orang tua diharapkan memberikan stimulus pendukung kreativitas  pada anak usia dini, mengingat pentingnya kreativitas dalam perkembangan berpikir pada anak.


References


Chamdanah, C. 2018. Upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui aktivitas menggambar pada peserta didik kelompok B di RA Nurul Ulum Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2017/2018. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Flannigan, C., & Dietze, B. 2017. Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 53-60.

Fransiska, Y. and Yenita, R., 2021. Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), pp.5454-5462.

Handayani, P.H., Gandamana, A. and Farihah, F., 2017. Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal keluarga sehat sejahtera, 15(2), pp.46-56.

Houser, N. E., Roach, L., Stone, M. R., Turner, J., & Kirk, S. F. 2016. Let the children play: Scoping review on the implementation and use of loose parts for promoting physical activity participation. AIMS public health, 3(4), 781.

Kustiawan, U. (2018). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Karya Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Siantajani, Y. 2020. Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.

Smith-Gilman, S. 2018. The Arts, Loose Parts and Conversations. Journal of the Canadian Association for Curriculum Studies, 16(1), 90-103.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot