KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TUNGGAK KABUPATEN GROBOGAN

Fera Ariliyana, Sunan Baedowi, Suyitno Suyitno

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Talking Stick berbantu video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk tipe one-Group Prestest – Posttest Design. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Hasil nilai rata-rata tes awal 51,8 dan hasil nilai rata-rata tes akhir 79,8. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu thitung sebesar 8,7103 dan ttabel sebesar 2,064 dengan taraf 5% sehingga nilai thitung> ttabel yaitu 8,7103 > 2,064 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Talking Stick berbantu video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak Kabupaten Grobogan.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian tindakan.Yogyakarta: Aditya Media.

. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Feny Nur Oktaviani, Ali Shodiqin.dkk. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal guru kita, 12-20.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No 1.

Pardomuan NJM, Sinambela. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. e-Journal Universitas Negeri Medan.

Reffiane Fine & Dian Ratna Sari. 2014. Metode Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SDN 6 Suwawal.jurnal malih pedas, 89.

Sanaky H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT.Tarsito.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) . Bandung: Penerbit Alabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilana,Rudi&Riana.Cepi. 2017 . Media Pembelajaran (Hakikat,Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: wacana prima.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot