KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SIDOMUKTI KABUPATEN PATI

Desi Novita Anggraini, Sunan Baedowi, Suyitno Suyitno

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model make a match berbantu powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomukti Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian PreExperimental Desaigns dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttst Design. Sampel yang diambil yaitu 20 siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model make a match berbantu powerpoint interaktif yang dapat dilihat dari hasil tes awal (pretest) 58,75 dan tes akhir (posttest) 81,25. Hasil pengujian hipotesis (uji t) pada hasil belajar siswa kelas III menunjukkan bahwa thitung 11,232 dan dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh ttabel 2,093. Jadi nilai thitung > ttabel yaitu 11,232 > 2,093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantu powerpoint interkaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomukti Kabupaten Pati. 


References


Anyan, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH: Journal Education and Technology.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_________. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, Nahdia Rizqi, dkk. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Panteru (Papan Tempel Seru) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1. Intemarrnational Journal of Elementary Education, 293-300.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi, Ni Luh Putu Sintia, & Manuaba, Ida Bagus Surya. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76-83.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Kurniawati, Inung Diah & Sekreningsih, Nita. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 68-75.

Mardianto. (2012). Pembelajaran Tematik. Medan: Perdana Publishing.

Ngalim, Purwanto. (2002). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya..

Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2014). P Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot