PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KOLEGIAL TEKNIK KUNJUNGAN ANTAR KELAS DI SD NEGERI 2 KEDUNGLENGKONG BOYOLALI

Listyaningrum Andayani, Ikha Listyarini, Syahriar Ardanto

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses pembelajaran melalui supervisi kolegial teknik kunjungan antar kelas di SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri 1 kali pertemuan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 guru SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Simpulan penelitian ini adalah supervisi kolegial teknik kunjungan antarkelas memiliki empat dampak positif. (1) meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (2) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (3) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan  pengerjaan admnistrasi guru, (4) meningkatkan kinerja  dan kualitas guru  yang ditandai dengan pernyataan termotivasi untuk menguasai pembelajaran kooperatif, mendorong dan membantu sesama anggota kelompok, mengerjakan RPP dan admnistrasi sekolah dengan lebih baik, peningkatkan rasa percaya diri, rasa tanggung jawab, lebih kreatif dalam proses pembelajaran, serta dapat memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat terlihat pada skor penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran meningkat 27.9% dari siklus I dengan rata-rata 3.4 menjadi 4.4 pada siklus II, adapun skor hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran meningkat 16.8% dari siklus I dengan rata-rata 3.7 menjadi 4.3 pada siklus II.


References


Ananda, R. (2019). Perecanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Depdiknas. 2008. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta. Direktorat Tenaga Kependidikan, Dikdasmen.

Majir, A. (2020). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Deepublish.

NUFUSIAH, M. (2021). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUHAJIRIN PEMATANG PASIR KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rahmah, S. (2018). Pengawas sekolah penentu kualitas pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).

Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. Prenada Media.

Yudiani, I. (2014). Manajemen Lesson Study Sebagai Teknik Supervisi Kolegial di SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 173.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot