ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN SUMBERAGUNG 02 PATI

Jaenal Arifin, Endah Rita Sulistya Dewi, Ferina Agustini

Abstract


SD Negeri Sumberagung 02 Pati telah menggunakan K13 namun belum mengarah pada pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dan metode pembelajaran belum mengarah pada HOTS. Penelitian ini bertujuann mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas V tema ekosistem di SD Negeri Sumberagung 02 Pati. Kemampuan berpikir tingkat tinggi didefinisikan sebagai penggunaan pikiran secara lebih luas untuk menemukan tantangan baru melalui beberapa indikator, misalnya mampu mengusulkan ide baru, mengajukan pertanyaan, berani bereksperimen dan merencanakan strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aspek komunikasi dan berprikir kristis serta pemecahan masalah sudah dilaksanakan. Namun, untuk aspek kolaborasi belum dijalankan mengingat adanya pandemi covid-19. Secara keseluruhan tingkat soal yaitu pada kategori soal C4 (menganalisis) berada dalam kategori sedang dengan persentase 66,00%, kategori soal C5 (mengevaluasi) berada dalam kategori sedang dengan persentase 73,69% dan kategori soal C6 (mencipta) berada dalam kategori sedang dengan persentase 67,11%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN Sumberagung 02 Jaken Pati berkategori sedang dengan persentase 68,93%. Diharapkan guru memberikan model pembelajaran bagi siswa kelas V agar mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mencapai hasil belajar maksimal.


References


Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Conklin. (2012). Higher Order Thinking Skills To Develop 21st Century Learners. Shell Education Publishing, Inc.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 170–176.

Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548

Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. A. N. T., & Sulistyani, N. W. R. (2019). HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 93–101. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3772

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skills). SMILE’s Publishing.

Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Pusaka Media.

Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 82. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1040

Usman, M. R., & Satriani, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 236–242. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2769

UU RI No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.