PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI TEMA 1 SUBTEMA 3 SISWA KELAS III SDN CANDIGARON 01 KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui proses penggunaan media cerita bergambar dan kelayakan media cerita bergambar dalam pembelajaran pada tema 1 subtema 3 kelas III SDN Candigaron 01 Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SD Negeri Candigaron 01 yang berjumlah 30 siswa. Sampling yang digunakan adalah non probability dengan jenis teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) kuesioner, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Pengembangan Media Cerita Bergambar pada tema 1 subtema 3 tentang pertumbuhan hewan kelas III sekolah dasar berdasarkan langkah-langkah dari ADDIE. Rata-rata validasi media diperoleh kevalidan sebesar 98,33% dan rata-rata validasi ahli materi sebesar 96,66% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba lapangan yang dilakukan di SDN Candigaron 01 dengan menyebar angket tanggapan guru kelas III. Didapatkan hasil presentase tanggapan dari guru sebesar 90% dan presentase tanggapan siswa sebesar 90,66% dapat dinyatakan bahwa media dinyatakan diterima dan dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angraini, R. (2017). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai. J. Moral Civ. Educ, 14–24.
Ani Kadarwati, I. M. (2012). Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV(14), 66.
Asyhar, Azhar. 2014. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Damayanti, L. (2016). Pengaruh media cerita bergambar terhadap kehidupan sosial anak didik kelompok b tk desa ngepeh saradan madiun tahun ajaran 2014-2015. 03(2), 11–23.
Nurfadillah, D., & Indihadi, D. (2018). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Penguraian Pesan pada Dongeng di Sekolah Dasar. Pedadidaktika, 5(4), 217–225.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 173.
Setianingsih, E. S., & Rais, R. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Diktat.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17135
Refbacks
- There are currently no refbacks.