STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 PODO KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka, (2) Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Podo. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah , guru kelas I dan IV. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Data penelitian ini dianalisis secara terus menerus sejak awal pengambilan data. Pada prosesnya terdiri dari tiga tahapan yang saling terkait yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka SD Negeri 02 Podo sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Kurikulum Merdeka meski belum secara maksimal. Dilihat dari analisis data yang telah dilakukan, tingkat keterlaksanaan dalam standar pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka sudah cukup baik. Hasil analisis telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan kepada empat guru menunjukkan bahwa keempat guru sangat baik dalam telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum merdeka dengan rentang nilai yang berbeda-beda.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812-8818.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37-46.
McTighe, Jay, Grant Wiggins, Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Shofi Hikmatuz Zahroh, Parno, Nandang Mufti, and Yogi Anggraena. 2017. “Pembelajaran Dan Penilain.” Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.
Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Nomor 16.
Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022. Tentang pedoman pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Nomor 56.
Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022. Tentang Standar Isi. Nomor 7.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7181-7190.
Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-border, 5(1), 622-632.
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28-33.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sulianto, J., Muryantobroto, M., Untari, M. F. A., Budiman, M. A., & Wardana, M. Y. S. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer Bagi Kelompok Kerja Guru Kelas Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 54-59.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17137
Refbacks
- There are currently no refbacks.