PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR JARIMATIK MAGIC INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 SDIT QUANTUM MULIA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Sriyatun Sriyatun, Ervina Eka Subekti, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan belajar jarimatik magic Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas 2 SDIT Quantum Mulia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  dalam bentuk quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian one grup pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 SDIT Quantum Mulia berjumlah 20 siswa. Metode pengambilan sampel pada peelitian ini menggunakan sampling jenuh dan teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tes, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji normalitas hasil pre test menghasilkan P = 0,182 (P>0,05), sedangkan hasil post test menghasilkan P = 0,06 (P>0,5) maka data berdistribusi normal. Sedangkan uji efektifitas menunjukkan bahwa n-gain score memperoleh nilai 83,56 yang artinya tingkat efektifitasnya tinggi, dan nilai n-gain persen sebesar 8355,72 yang artinya bahwa metode jarimatika efektif terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung -3,376 dan ttabel 2.1009 maka berarti nilai thitung > ttabel dengan nilai signifikansi 0,03 (p<0,05). Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar Jarimatik Magic Indoesia terhadap hasil belajar siswa.


References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Aryani, R. (2020). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Di MI Futukhiyah Pamulian Warungpring Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal IIlmiah Ibtida, 1(1), 237–247.

Astuti, T. (2013). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Lingkar Media.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Belajar.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hake, R. . (1998). Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66 no. 1.

Hamalik, oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Hamzah, & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Grafindo Persada.

Harys. (2020). Definisi Operasional.

Hasan, A. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bali Pustaka.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Peaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Purwanto, D. M. N. (2021). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Rahmatullah, B. S., Suwarjo, S., & ... (2016). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. … Jurnal Pendidikan Dasar. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11429

Rejeki, P. (2016). Efektifitas Gabungan Tes Subjektif Dan Tes Objektif Dalam Mengevalusi Hasil Belajar Fisika Siswa Smp Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(3), 74–78. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/319

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sitio, T. (2017). SDN 003 Tagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. 6(September), 146–156.

Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian (20th ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://doi.org/10.1103/PhysRev.47.506

Sugiyono. (2019). Metode apaenelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (26th ed.). Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228.

https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Wulandari, S. P. (2013). Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan. Kawan Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.