PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU SNAKE GAME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 SD KRISTEN IMANUEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantu snake game pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta hasil prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kristen Imanuel Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 13 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, teknik persentasi, teknik deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kelas siklus I sebesar 76,8 dan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 88,6 dan pencapain kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk siklus I sebesar 77% dan pada siklus II sebesar 92%. Melalui model pembelajaran picture and picture, perhatian siswa terpusat pada obyek belajar, siswa mengikuti semua instruksi dari guru, siswa lebih lancar dalam mengerjakan evaluasi dan termotivasi untuk berpendapat selama pembelajaran berlangsung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) by Dr. H. Moch. Agus Krisno Budiyanto, M.Kes. (z-lib.org) (p. 174).
Fauziddin, M., & Mayasari, D. (2018). Pemanfaatan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 277. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.674
Kadir, Abdul; Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik (II). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Moh.Mukhlis. (2012). Pembelajaran Tematik PEMBELAJARAN TEMATIK Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(14), 66.
Praseptia, D., & Zulherman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018–3025.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rikawarastuti, R., Ngatemi, N., & Yusro, M. (2018). Development of web-based dental health ladder snake game for public elementary school students in indonesia. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 10(1), 20–28. https://doi.org/10.18844/wjet.v10i1.3327
Riziqsiwi, F. F., Budiman, M. A., & Reffiane, F. (2021). Analisis Keterkaitan Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Dengan Kurikulum Tematik Kelas Iv Sd Muhammadiyah 01 Kota Tegal. Wawasan Pendidikan, 1(2), 283–291. https://doi.org/10.26877/wp.v
Saputra, H. J., Andarwati, L., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Pembelajaran Melalui Model Group Investigation Berbantu Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. P-ISSN 2338-980X Elementary School, 5, 7–17.
Scapin, C. L. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Kurt Lewin. 2005, 1–12.
Sukayati, & Wulandari, S. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Departemen Pendidikan Nasional, 53(9), 1689–1699.
Trianto, S. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuliastanti, D., & Zuhdi, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 02, 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10594/4182
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17143
Refbacks
- There are currently no refbacks.