FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Matematika adalah mata pelajaran yang ditakuti oleh siswa dan dianggap sulit oleh siswa. Salah satu kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Fokus penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas IV sebanyak 10 orang dan guru kelas IV SD Negeri 1 Sulursari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan faktor penyebab kesulitan matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 1 Sulursari diperoleh kesimpulan sebagai berikut: faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa yaitu (1)sikap belajar siswa dalam belajar matematika, (2)motivasi belajar siswa dan (3)kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa yaitu kurangnya (1)variasi guru dalam mengajar, (2)penggunaan media pembelajaran, (3)sarana prasarana di sekolah dan (4) lingkungan keluarga siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman,Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar, Jakarta : Rienka Cipta.
Amalia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123-133. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik.
Anggraeni, S.T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37. https//doi.org/10.30595/.vlil.7929
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implenetasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 7(2), 145-150. https://doi.org/24176/re.v7i2.1225
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., dan S.R. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendas, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1
Asriyanti, F.D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87. https://doi.org/10.17977/um009v29i1202p079
Depdiknas.2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dwijayanti, I., Utami, R. E., & Budiman, M. A. (2017). Profil Kesadaran Belajar Mahasiswa Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi Pada Matakulian Analisis. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 11(1).
Hartini, 2008. Analisis Kesalahan Siswa menyelesaikan Soal Cerita Pada Kompetensi Dasar Matematika Sifat dan Menghitung besaran-besaran segiempat siswa kelas VIII Semester II SMP IT NUr Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2006/2007. Tesis, Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Hanifah, N. M., & Budiman, M. A. (2019). PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(3), 134-139.
Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SDN BUGANGAN 02 SEMARANG. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1).
Kotijah, S., Sukamto, S., & Budiman, M. A. (2018, September). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU MACROMEDIA FLASH MATERI FPB DAN KPK UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.
Maryam, S. (2016). Representasi siswa smp dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1).
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. 2020. ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI CEPAGAN 01 BATANG. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3), 267-273.
Raj Acharya, B. (2017). Factors Affecting Diffculties in Learning Mathematic by Mathematic Learnes. International Journal of Elemtary Education. 6(2) 8.https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Utari, D.R., Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T, (2019). Analisis Kesulitan belajar matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah sekolah Dasar, 3(4),545
Vaughn, Sharon., dkk. (2013). Teaching Students Who Are Exceptional, Diverse, and at Risk in the General Education Classrom. New York: Pearson.
Waskitoningtyas, R.S (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 5(1). 24.https://doi.org/10.25273/jimp.v5il.852
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17144
Refbacks
- There are currently no refbacks.