PELAKSANAAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD

Lia Margareta

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik Kelas VI SD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tempat penelitian berlokasi di SD Negeri Pedurungan Kidul 03. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data digunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 03 sudah baik dengan menentukan komponen-komponen seperti adanya tujuan yang harus dicapai, adanya strategi untuk mencapai tujuan, sumber daya yang dapat mendukung implementasi setiap keputusan, (2) Pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik Kelas VI SD. Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 03 menggunakan model pembelajaran tematik yaitu model Project Based Learning. Dalam kegiatan pembelajaran tematik terdapat 3 komponen dalam langkah-langkah pembelajaran tematik yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Serta dalam penerapan model Project Based Learning komponen langkah-langkah Project Based Learning yaitu Guru memunculkan masalah dan menyampaikan tujuan pembelajaran serta topik materi, menjelaskan materi, membagi siswa dalam kelompok, memberikan permasalahn kepada siswa, membimbing siswa/kelompok menemukan pemecahan masalah, membimbing siswa dalam penyajian hasil kerja kelompok, memberikan refleksi dan evaluasi terhadap proses dan hasil penyelidikan, membimbing siswa membuat rangkuman, (3) Evaluasi integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 03 Semarang, guru memeriksa kesesuaian antara kegiatan belajar dengan perencanaan pembelajaran, melihat apa saja hal yang belum dan yang sudah dicapai oleh siswa, kekurangan siswa selama kegiatan pembelajaran serta menyimpulkan hasil belajar siswa, serta aspek yang dinilai siswa berupa sikap, pengetahuan dan keterampilan.


References


Affiifi. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “Teori Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Mi,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014.

Dian Novita Fitriani, “Kajian Tentang Oral Document: Tinjauan Pada Gerakan Dokumentalis Baru,” Visi Pustaka, 2018.

Ichsan Anshory AM, Setiya Yunus Saputra, and Delora Jantung Amelia, “Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah 07 Wajak,” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4, no. 1 (2018): 35.

Kristina E. Noya Nahak, I Nyoman Sudana Degeng, and Utami Widiati, “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4, no. 6 (2019): 785.

M.Pd. Dra Sukini, “Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kelas Rendah Dan Pelaksanaannya,” 2012.

Nini Ibrahim, “Perencanaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis” 2014.

Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto” 1, no. 1 (2013): 24–44.

Nurul Hidayah, “Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar,” Ejournal.Radenintan.Ac.Id 2 (2015): 33–49. Ejournal.Radenintan.Ac.Id 2 (2015): 33–49.

Prastowo Andi, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogjakarta: Ar-ruzzmedia, 2012.

Rusydi Ananda, Perencanaan Pembelajaran Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019.

Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.

Tjokroadmudjoyo dalam Dwi Purnama Wati, “Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pendidikan Agama Islam Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam, Lampung: Universitas Lampung, 2014.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Bandung: Kencana, 2015.

Zakiah Daradjat, Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.