PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 1 SD ISLAM NURUL QOMAR SEMARANG
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media ajar berupa buku gambar bercerita untuk meningkatkan minat baca anak kelas 1 Sekolah Dasar serta mengetahui minat anak membaca buku cerita bergambar pada anak kelas 1 Sekolah dasar di SD Islam Nurul Qomar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Islam Nurul Qomar tahun 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari siswa laki – laki 15 anak dan 11 anak perempuan, guru kelas 1, Kepala Sekolah serta wali siswa kelas 1. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil pengamatan bahwa ada peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar siswa lebih mampu mengetahui materi yang diajarkan oleh guru saat kegiatan KBM berlangsung serta meningkatkan minat anak dalam membaca. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penerapan buku cerita bergambar mampu menumbuhkan minat baca anak kelas 1 SD Islam Nurul Qomar Semarang.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Astuti, R. D. 2021. Pengaruh Buku Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Faricha Uswatun Chasanah, M. I. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021 Halaman 3644 - 3650, 3644 - 3650.
Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. 2014. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Kasiyun, S. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk. Volume 1, Nomor 1, Maret 2015, 80-95.
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/dengan [Diakses 21 Oktober 2022]
Mirnawati. 2020. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Vol. 9, No. 1, Februari 2020, 98 - 112.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sandjaja, S. 2001. Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan. Psikodimensia kajian ilmiah psikologi, 2(1), 17-25.
Sitoresmi, W. S., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. 2019. Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 1-8.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17147
Refbacks
- There are currently no refbacks.