Keefektifan Penggunaan Metode SAS Berbantu Media Kartu Kalimat terhadap Kemampuan Baca Anak
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Baleraksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) berbantu media kartu kalimat dalam kemampuan membaca pada siswa kelas II SD N 2 Baleraksa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu setelah diterapkannya metode SAS berbantu media kartu kalimat kemampuan membaca siswa semakin meningkat. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan ketuntasan hasil belajar siswa. Dimana diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 95.45%. Selain itu uji-t menunjukan nilai thitung 19.8 ˃ ttabel 2.09, yang artinya terdapat pengaruh dari metode SAS berbantu media kartu kalimat terhadap kemamouan membaca siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SAS berbantu media kartu kalimat efektf digunakan dalam pembelajaran bahasa Indoneisa terhadap kemampuan baca anak kelas II SD N 2 Baleraksa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arief, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang. Al-Ta lim Journal, 21(1), 18-24.
Arikunto, 2012, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144.
Besare, S. D. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18-25.
Burke, P. (2016). Sejarah dan teori sosial. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Damayanti, S., & Margiati, K. Y. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 13 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3).
Ernalis. 2006. Penggunaan Metode SAS dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar.
Fatimah, D.N., Nuraisah, I. Sutisnawati, A. 2019. “Pengaruh Media Kartu Kalimat terhadap Literasi Membaca Pemahaman di Kelas Rendah”. Jurnal Perseda.
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10-24.
Hidayah, N., Novita. 2016. “Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Jones, P. (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Fungsionalisme hingga Post-modernisme. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Khikmah, Uji Fajriatul. 2019. "Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar pada Matematika FPB dan KPK Ditinjau dari Aktivitas Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Baleraksa”. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Khoridah, Faizatul, Dwi Prasetyawati, dan Sunan Baedowi. 2019. “Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Latae, A., Barasandji, S., & Muhsin, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).
Madasari, K. A., & Mulyani, M. (2016). Keefektifan Metode Eja dan Metode SAS Berdasarkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. SELOKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 177-183.
Masitoh, I. S., Saepurokhman, A., & Royani, N. R. N. (2022). PENGGUNAAN MEDIA KARTU KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(2), 29-38.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Nizma, S.N., Untari, M.F.A., & Budiman, M. A. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN REJOSARI 03 SEMARANG. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 80-87.
Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77-95.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Rahman, M. (2021). PENERAPAN TEORI KOGNITIVISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Rokhyati, Ade. 2010. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa melalui Permainan Kartu Kalimat di Kelas 3 SDN Nyantong Kota Tasikmalaya”. Jurnal Saung Guru.
Sitoresmi, W. S., Untari, M. F. A., & Budiman, M.A. (2019). Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 1-8.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083-1091.
Widayanti, L. (2014). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal fisika indonesia, 17(49).
Widyati, W. (2014). Belajar dan pembelajaran perspektif teori kognitivisme. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 3(2), 177-187.
Wulan, N. S., Wulandari, W., & Haftani, D. A. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Dengan Metode Read Aloud: Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1194-1202.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17170
Refbacks
- There are currently no refbacks.