Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa sekolah dasar yang telah memiliki gadget sejak dini. Mereka menggunakan gadget secara berlebihan dan tak terkontrol sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajarnya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang? , 2) Apakah terdapat dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, orang tua siswa, dan siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 tidak begitu signifikan. Dapat dinyatakan bahwa penggunaan gadget memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa karena secara keseluruhan terjadi peningkatan dalam hasil belajar mereka.
Kata kunci: Analisis Dampak Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, Handaru Indrian, Suwarno Suwarno, and Ridaul Innayah. "Pengaruh Gadget Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plumpang." Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi 1.01 (2020): 1-6.
BIRRI, MAFTUH BASTUL, MUHAJIR MUHAJIR, and IKHA LISTYARINI. "PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG." DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah 3.2 (2022): 239-243.
Chusna, Puji Asmaul. "Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak." Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17.2 (2017): 315-330.
Edi S. Mulyanta. Kupas Tuntas Telepon Seluler Anda. (Yogyakarta: ANDI, 2004) hlm. 1
Harahap, Rizky Septia, and Rosma Ely. "Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).
Jihad, A dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kristanto Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018), hlm. 76
Kurniawati, Dian. "Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi siswa." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1 (2020): 78-84.
Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health, 23–42.
Prakoso, P. (2013). Pengaruh Penggunaan Gadget pada Mahasiwa dan Hubungannya dengan Prestasi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa FMIPA UNLAM). Kalimantan : Universitas Lambung Mangkurat.
Rachmawati, Putri, Amram Rede, and Mohammad Jamhari. "Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran." E-Jip Biol 5.1 (2017).
Selan, Des Ozadad. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Siswa Kelas V SDN 03 Salatiga. Diss. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 2019.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, T., dan Utami, A. Ayah dan Bunda Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak Peran Orangtua dan Cara Mendidik anak di Era Digital. Semarang: Syalmahat Publish.
Suprayitno, Iswahyudi Joko. "PEMANFAATAN MEDIA BENDA KONGKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN OPERASI HITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SEMESTER 2 SDN1 BANYUTOWO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015." Jurnal Karya Pendidikan Matematika 2.1 (2015).
Susilawati, Anggi. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN AR-RANIRY Banda Aceh. Diss. UIN AR-RANIRY, 2020.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2002), hlm. 120-121
Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. "Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar." Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3.4 (2019): 527-533.
Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. (2014). Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
Wijanarko, J., Setiawati, E. 2016. Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital Pengaruh Gadget pada Perilaku dan Kemampuan Anak Menjadi Orangtua Bijak di Era Digital. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.
Winarno Surakhmad, Interaksi Belajar Mengajar, (Bandung: Jemmars, 1980), hlm. 25.
Winarno, Wing. 2009. Panduan Penggunaan Gadget. Rineka Cipta: Jakarta
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17492
Refbacks
- There are currently no refbacks.