ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI SOAL CERITA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMBANG ARUM 02 MRANGGEN DEMAK

Sheila - Nadhila, Mira Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita siswa kelas II SD Negeri Kembang Arum 02 Mranggen Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan September 2023 , dengan subjek penelitian ini berasal dari guru kelas II dan siswa kelas II. Teknik penelitian data melibatkan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita dengan indikator (1) Merumuskan Permasalahan ; (2) Menilai Keabsahan Sumber Informasi ; (3) Menginduksi dan Menilai hasil induksi ; (4) Mendefinisikan dan Menilai Hasil Definisi ; (5) Berinteraksi Dengan Orang Lain. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita yang belum maksimal. Namun , Adapun factor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang belum lancar dan menulis angka dikehidupan sehari-hari. Terhambatnya proses dalam pembelajaran melalui soal cerita kepada siswa, ini membuat tujuan pembelajaran menjadi kurang efektif. Guru belum membuat modul ajar sendiri dengan kata lain masih mengandalkan modul ajar yang tersedia disekolah dengan keterbatasan waktu. Dilakukan tes kepada siswa yang terbagi menjadi 3 subjek yaitu dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, kemampuan berpikir kritis sedang dan kemampuan berpikir kritis rendah. Kesimpulannya , kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita sangat baik digunakan maupun di kembangkan di sekolah . Dengan adanya kehadiran tenaga pendidik mampu untuk memberikan bimbingan,arahan, maupun motivasi kepada siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.


References


Anggrayani, H.D.L., Anies Fuady, Alfiani. 2021. “Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang.” Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran 16(30):2.

Benyamin, Benyamin, Abd. Qohar, and I. Made Sulandra. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):909–22. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.574.

Mulyawan, I. N. R., M. W. Dartiningsih, Made Budiadnya, and I. Gusti Lanang Rai Arsana. 2019. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menganalisis Masalah Konseli Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling IKIP PGRI Bali Tahun 2019.” Jurnal Pendidikan Widyawari (April):27–29.

Munira, Siti. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri AR-Raniry Darussalam Banda Aceh

Nahdia,Nasiyatun , Abdul Halim Fathani dan Yayan Eryk Setiawan. 2022. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Program Linear Kelas IX SMA Surya Buana. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 17 No. 14 Juni 2022.

Nugrahani ,Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books

Nurdiana, Wahyu Putra. 2017. " Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas IV SDN Pelanganom Sidoarjo. Universitas Muhamadiyyah Sidoarjo.

Prameswari, Wahyu Salvina , Suharno dan Sarwanto. 2018. Inculcate Critical Thinking Skills In Primary Schools. National Seminar on

Elementary Education (SNPD 2018). Conference Series 1 (1) (2018) 742-750. Universitas Sebelas Maret

Sa'diah,Binti Khalimatus. 2022. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran Kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri. Skripsi . Fakultas Tarbiyah. IAIN Kediri

Taringan, Riski Mega Rosa Br. 2019. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019.” Universitas Quality 4(80):4.

Yusrotul L. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Malang




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.