ANALISIS DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA : STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 JUWANGI BOYOLALI

Dewi Arum Sekar Wijayaningrum, Ikha Listyarini, Intan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk bullying, dampak bullying terhadap kepercayaan diri siswa, dan untuk mengetahui bentuk penanganan bullying di SD Negeri 1 Juwangi Boyolali. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai dampak bullying dan faktor kurangnya kepercayaan diri siswa menyebabkan terjadinya bullying di lingkungan anak-anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data dari hasil observasi, wawancara, pemberian angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada pelaku dan korban bullying. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, IV, V, dan siswa kelas III, IV, V yang terlibat dalam kasus bullying sebagai korban atau pelaku bullying. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying yang terjadi di SD Negeri 1 Juwangi Boyolali adalah bullying verbal seperti menghina, mengejek, dan memanggil dengan sebutan nama orang tua. Bullying fisik berupa memukul, melempar barang, dan memalak. Bullying relasional seperti pengucilan dan pengabaian, selain itu terdapat bullying pelecehan seksual seperti menarik rok siswa perempuan. Dari perilaku bullying menimbulkan dampak negatif yaitu kepercayaan diri bisa menurun hingga menimbulkan dampak yang berkelanjutan bagi korban bullying, namun juga terdapat dampak positif yang dapat dilihat dari kepercayaan diri siswa yang cukup tinggi.


References


Febianti, M., Listyarini, I., & Artharina, F. P. (2022). Analisis Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak: Studi Kasus Di SD Negeri Karangtowo Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2605–2611.

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online, Diakses Tanggal 4 Juli.

Muspita, A., Nurhasanah, & Martunis. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 31–38.

Purnamasari, I. (2017). Homeschooling: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik. (2014). Mencegah Tingkah Laku Bullying Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. In Proceeding Guidance and Counseling International Seminar and Workshop.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Wiyani, N. A. (2014). Save Our Children from School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.