IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DI KELAS IV SDN KALICARI 01

Farah Nurin Amalina, Prasena Arisyanto, Duwi Nuvitalia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode mind mapping pada pembelajaran IPAS materi wujud zat di kelas IV SDN Kalicari 01. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sasaran peneliti adalah 28 subyek dari siswa kelas IV A. Teknik dalam pengumpulan data mempergunakan observasi, angket, wawancara maupun studi dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data melalui tahap pencarian maupun penyusunan data secara terstruktur, peneliti terjun ke lapangan sampai akhir penelitian. Hasil observasi kegiatan siswa dalam implementasi metode mind mapping dapat dilihat melalui persentase 92,85% yang termasuk kategori “baik” dan hasil angket siswa terhadap metode mind mapping pada pembelajaran IPAS materi wujud zat memperoleh persentase 82,14% dengan hasil “baik”. Artinya, bahwa implementasi metode mind mapping dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran IPAS.


References


Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map Untuk Anak Agar Anak Mudah Menghafal dan Berkonsentrasi, diterjemahkan oleh Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Eni Sulichah. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2, 5.

Khasanah, I. M., Nuvitalia, D., Wakhyudin, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIAR (SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS 5 SD ISLAM SYAHIDIN SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 3 (2), 556-567.

Magdalena Maria, dkk. (2014). Pengaruh Mind Mapping Dengan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1, 2.

Saesari, A. A. I., Untari, M. F. A., & Nuvitalia, D. (2023). ANALISIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4561-4570.

SAFIRA, S. I., UNTARI, N. F. A., ARISYANTO, P. (2022). PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA POP UP TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA PADA KELAS IV SD NEGERI 1 BULU JEPARA. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 3 (2), 150-154.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanitsky. (2017). Tujuan danRuang Lingkup Pendidikan IPA Kurikulum Merdeka Belajar” Diajukan sebagai Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPA SD.

Yuliana, R. (2019). Penggunaan metode mind maps (peta pikiran/ingatan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 2 Purworejo kabupaten Lampung Tengah tahun ajaran 2018/2019. Doctoral dissertation, IAIN Metro.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Zamili, Moh. (2015). Menghindar Dari Bias: Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 2, 9.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.