Pengembangan Media Light Box Materi Sifat-sifat Cahaya Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran IPAS untuk membantu siswa dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengembangan media light box materi sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD, (2) Untuk menganalisis kelayakan media light box materi sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model ADDIE. Sampel yang diambil yaitu 16 peserta didik kelas IV SD N 03 Rejosari. Data penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, angket validasi media dan materi serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan skor penilaian 3,9 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor penilaian 3,8 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada hasil uji coba lapangan, hasil penilaian respon guru mendapatkan skor 4 dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian respon peserta didik mendapatkan skor presentase 88,40% dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran light box materi sifat-sifat cahaya ini terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas IV SD.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hutauruk, Pindo, and Rinci Simbolon. "Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba." School Education Journal PGSD FIP Unimed 8.2 (2018): 121-129.
Marlina, M. P., Wahab, A., Susidamaiyanti, M. P., Ramadana, M. P. I., Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., ... & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Okpatrioka, O., & Nusantari, A. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 174-183.
Prasetya, S. R., & Muhroji, M. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848-4854.
Pratiwi, I. (2021). IPA untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1). umsu press.
Sholiha, M., Tamam, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. Rekayasa, 10(1), 34-43.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17666
Refbacks
- There are currently no refbacks.