PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD NEGERI 3 GENENGSARI KEC.KEMUSU KAB.BOYOLALI
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan. Siswa-siswi cenderung menghafal penjumlahan saja tanpa mengetahui konsep penjumlahan tersebut. Ini dibuktikan dengan sulitnya siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi penjumlahan serta Kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran membuat tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantu media kantong bilangan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali? Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri 3 Genengsari. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas II SD Negeri 3 Genengsari yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong (pretest) sebanyak 64,375%. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong sebanyak 78,125 %. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa uji t berpasangan pada hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II materi penjumlahan SD Negeri 3 Genengsari. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru supaya menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi penjumlahan.
Full Text:
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Achmad buchori, dina prasetyowati, kartinah, rasiman ( 2015 ). Pengembangan mobile learning pada mata kuliah geometri dengan pendekatan matematik realistik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa
Dewi, lina rusmala, aries tika damayani, and rofian rofian. "keefektifan model pembelajaransnowball throwing berbantu media tongkat simulasi (tongsis) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ii sdn candi 01 semarang." prosiding seminar nasional hima dan prodi pgsd 2017. 2018.
Marpaung, Y. (2011). Pendekatan realistik dan sani dalam pembelajaran matematika. Makalah Dalam Seminar Nasional “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia” Tanggal, 14–15.
Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika : Untuk Guru, Calon Guru , Orang Tua Dan Para Pecinta Matematika. Alfabeta.
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 Endang. Jurnal PINUS Vol. 4 No. 1 Tahun 2018 ISSN. 2442-9163, 4(1).
Wahyudi. 2012. Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.
Kartinah, Murtianto, Y. H., & Nafi, N. Z. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematis menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pasca pandemi. … Nasional Matematika Dan …, 19, 163–174. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1869
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17704
Refbacks
- There are currently no refbacks.