PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PULO REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Himawan Angga Saputra, Qoriati Mushafanah, Asep Ardiyanto

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui apakah Strategi Pembelajaran Think Pair Share berbantukan Media Foto dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Keterampilan Menulis Deskripsi pada siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang. Pengumpulan data melalui beberapa cara diantaranya observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Pada desain ini, pengujian dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan data dari hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar pretest sebesar 61,53 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 81,73. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 26 didapatkan nilai thitung sebesar 15,327 dan db= 26 –2 = 24 maka diperoleh 24 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2,064. thitung sebesar 15,327 dan ttabel sebesar 2,064. Maka nilai thitung > ttabel (15,327> 2,064), sehigga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang antara sebelum dan sesudah diterapkan strategi Think Pair Share berbantu media Foto. Dapat disimpulkan bahwa strategi Think Pair Share berbantu media Foto berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang.

Kata Kunci : Think Pair Share, Media Foto, Keterampilan Menulis Deskripsi


References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). 22 Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250–262.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Rosda Karya.

Deviyani, D., & Darwis, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerpen pada Siswa Kelas V SD Negeri 105420 Tebing Tinggi. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J …, 2(1), 295–308.

Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan. (2014). strategi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2014.

Faqih, A. (2019). Model Think Pair Share: Apakah Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika?. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 40.

Feni. (2014). Pendidkan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta PT Rineka Cipta .

Harahap, U. S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Garis dan Sudut di MTS Al-Jam”iyatul Washliyah. Universitas Islam Negri Sumatera Utara: Diterbitkan.

Handayani, Riska Dewi. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4. No. 2.

Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 1–16.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ikhwanuddin, M. A. (2013). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV A SDN Wonosari 02 Semarang. [Universitas Negeri Semarang].

Ismail, dkk. 2013. Objective Measurement of Effective Message through Photograph among the Public. Bandung. E-Journal LPPM ITB.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.

Kesuma, I. G. N., Simpen, I. W., & Satyawati, M. S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBAHASA BALI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 52.

Lazuardi, F., Gani, E., & Rasyid, Y. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(September), 143–150.

Lestari, M. D. P. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII SMP Negri 7 Yogyakarta. Skripsi pada jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta. Diterbitkan.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya,2014.

Nafiah, S. A. (2017). Model- Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Ar Ruzz Media.

Nurrita, Teni. (2018) Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3.1 : 171. Diakses 25 November 2022.

Panggabean, S. and Harahap, T. H. (2020) ‘Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz’, MES: Journal Of Mathematics Education and Science, 6(1), pp. 78–83.

Putri Sayekti, S., & Al-Hamidiyah Jakarta, S. (2022). “Menyongsong Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TINGKAT SEKOLAH DASAR SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: DEVELOPMENT OF LEARNING ASESSMENT FOR INDEPENDENT CURRICULUM FOR ELEMENTARY SCHOOL LEVEL. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 23–28.

Putro, G. N., & DESAIN, J. S. D. (2012). Studi tentang model pembelajaran fotografi di smk negeri 11 malang. Seni Rupa Universitas Negeri Malang : 1-14.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara, Hartini M.Si. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, Nana Sukmadinata. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Wahyudin, Dinn. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.