PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS II SD
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah tentang masih rendahnya kemampuan matematis pada siswa kelas II SD. Permasalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian ini pengembangan media papan pintar yang telah dikembangkan telah sesuai dengan karakteristik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas II SD Supriyadi 02 Semarang dan SD Negeri Purwosari 02 Mijen Semarang, dimana dalam media papan pintar termuat materi pembelajaran yang dikemas secara menarik dalam bentuk visual berbentuk gambar sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Pengembangan media papan pintar pada materi penjumlahan bilangann sampai 100 kelas II di sekolah dasar, telah dapat memenuhi kriterian valid berdasarkan validasi oleh kedua ahli materi dan media dengan memperoleh kelayakan materi 98% dan kelayakan media 98% dengan kategori “sangat baik” sehingga sangat layak untuk dapat digunakan dalam pembelajaran. Media papan pintar materi penjumlahan bilangan sampai 100 di sekolah dasar yang telah dikembangkan dapat memenuhi kriteria praktis berdasarkan angket tanggapan guru dan siswa diperoleh presentase tanggapan guru dan siswa rata-rata 81- 100 % dengan kriteria sangat baik serta kategori sangat valid.
Full Text:
PDF 187-195 (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Amir, M.T. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arshad, Azhar. 2017. Media pembelajaran. Jakarta : Rajawali pers.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathurrohman, A..2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.
Hari Rayanto, R., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori Dan Praktek (T. Rokhmawan, Ed.). Lembaga Academic & Research Institut.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Mawaddah, Siti dan Maryanti, Ratih. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1.
Priansa, Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung. CV Pustaka Setia.
Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar baru algensindo.
Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.
Suryani dan Agung ( dalam Nunuk Suryani, 2018). Media Pembeljaarann Inovat.
Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. if. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17752
Refbacks
- There are currently no refbacks.