Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Lagu "Tiba-Tiba" Karya Quiin Salman

Linda Sartika Aprilia, Sunan Baedhowi, Ari Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya lagu-lagu modern yang bertemakan percintaan yang sering ditayangkan di televisi, instagram dan tik tok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai karakter apa saja yang ada dalam lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman? Dan apakah anak-anak menyukai lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman? Quiin Salman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Nilai karakter apa saja yang ada dalam lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman? (2) Mengapa lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman banyak disukai oleh anak-anak RT 05/ RW 04 Krajan, Desa Tampingan, Kecamatan Boja? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada analisis nilai-nilai karakter dalam lagu “Tiba-Tiba” karya Quiin Salman. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan observasi dan wawancara anak- anak RT 05/ RW 04 Krajan, Desa Tampingan, Kecamatan Boja. Disimpulkan bahwa terdapat 3 nilai karakter yang muncul pada lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman yakni: (1) Tanggung jawab, (2) Mandiri dan (3) kerja keras. Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan bahwa dalam lagu “Tiba-Tiba” mengandung panutan yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk dan bekal untuk pengetahuan dan kepribadian anak dalam sehari-hari, belajar, dan untuk kehidupannya kelak. Menjadikan video klip dan lirik lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman sebagai sarana untuk menanamkan nilai karakter pada anak, dan mempopulerkan lagu anak-anak melalui berbagai media dan tentunya yang sesuai dengan usia anak-anak Sekolah Dasar untuk lebih mengembangkan karakter pada anak dalam karakter dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.


References


Anas, A. M. 2016. Peningkatan Kecerdasan Musikal dalam Pembelajaran SBK Menggunakan Alat Musik Angklung pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Senduadi I. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Cholid Narbuko dan Abu Achdi. Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara,2013,)44

Eko Sugianto. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Fitri, Agus Zaenal. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Helvana, N., & Hidayat, S. Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,7(2), 253-260.

Herdiansyah, H (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Slemba Humanika.

Kusumawati, Heni. (2013). “Pendidikan karakter melalui lagu anak-anak.

Imaji”. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni. 11(2): 1-14

Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif , (Bandung; PT.Remaja Rosdakarya, 2014),6

Mahmudi. 2020. Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmud. Jurnal Dwijaloka. 1(2). 280-285

Mukhtar Latif, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), Hal. 229.

Mukhtar Latif dkk, Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta:Kharisma Putra Utama, 2014), h.232.

Mumpuni, Atikah. 2018. Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Nucci, L.P., Narvaes, D. 2015. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Cetakan II. Bandung: Nusa Media.

Putri, D. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1). hal: 37-50

Raditya, Michael HB. 2014. “Musik sebagai Wuhud Eksistensi dalam Gelaran World Cup” dalam Resital Jurnal Seni Pertunjukan

Samani, M. & Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Satrijono, H. 2019. Pemanfaatan nilai-nilai edukatif pada film “Adit dan Sopo Jarwo” di tv MNC dalam pembelajaran apresisasi sastra anak di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 7(2): 12-21.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, (Bandung:Alfabeta,2016),252

Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutrisno Hadi, M. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains,

(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014), Hal. 188

Yudiono 0S, 2013, “Metode Penelitian”, digilib.unila.ac.id, Diakses pada tanggal 26 Desember 218, Pukul 16.11. 2 Bambang Sunggono, 2006.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.