ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD ISLAM NURUL QURAN KUDU GENUK SEMARANG

lilis fatimah, Asep Ardiyanto, Eka Sari Setianingsih

Abstract


 

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnyna hasil belajar siswa kelas V SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Hal tersebut disebabkan terhadap peran orang tua. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran orang tua terhadap hasil belajar kelas V di SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisi peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa kelas V SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Teknik pengumpulan data ini dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningktan hasil belajar kelas IV SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang diantaranya: (1) Kondisi anak, (2) Kesibukan orang tua. (3) Keadaan sekitar.

 

Kata kunci: Analisis Peran Orang Tua Terhadap Hasil Siswa Kelas V


References


Atikah, N., Marlina, M., & Desyandri, D. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Peran Orang Tua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2052-2062.

Desmita. (2010.) Psikologi Perkembangan. VI. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Fathurrohman, M. T. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Basic Education, 6(10), 975-982.

Hangesty Anurraga.(2019). “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 3 .

Heriyani. (2010). “Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV MI Ma’arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010”. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam STAIN Purwokerto.

Khairani, Wardina. (2019). “Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar)”. Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.

Lickona.T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’ruf, H.R., Rais, R., Setianingsih.S.E., (2022). Analisis Pola Asuh Orangtua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Dawungsari. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 3 No. 4

Moleong, L. J.(2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remajs Rosdakarya.

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91-96.

Ni'mah, S. (2016). Lembar kerja mahasiswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Lentera: Jurnal Pendidikan, 11(2)

Ningrum, W. R. (2016). Pengaruh peranan dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129-137.

Rois, N.(2019). Konsep Motivasi, Perilaku, dan Pengalaman Puncak Spiritual Manusia dalam Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(2), 184-198.

Siregar, S. L. (2021). Hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD IT Miftahul Jannah. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 207-212.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surakhmad, Winarto(1980). Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars.

Thalib, A., & Istiqamah, N. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 83-92.

Yudhistira, A., Neldi, H., & Padli, P. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar PJOK. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 7357-73.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.