ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Full Text:
PDF 221-230 (Bahasa Indonesia)References
Akhiruddin, A., Sriwahyuni, S., & Alam, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka dan Pelatihan Aplikasi Bandicam sebagai Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru di SMP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10315-10328.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Dewi Kartikasari, D. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris).
Mugara, R. (2011). Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Prodi Pengembangan Kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia. Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
Munandar, A. (2017). Kurikulum Sebagai Jantung Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, IKIP Mataram 14 Oktober 2017. Diakses dari: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/ Semnas/article/view/298
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.
Sukmadinata Syaodih, N. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17788
Refbacks
- There are currently no refbacks.