Analisis Kesulitan Siswa Dalam Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Nurul Syariah, Ryky Mandar Sary, Ervina Eka Subekti

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi yang bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal materi bangun datar dan menganalisis faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa pada mataeri bangun datar. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis dilakukan oleh seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bitingan sebanyak 15 orang untuk memperoleh kesalahan dalam menyelesaikan tes pada materi bangun datar. Wawancara dilakukan dengan subjek penelitian dan guru kelas untuk memperoleh hasil analisis kesulitan pada kesalahan siswa menyelesaikan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik, yaitu peneliti mengumpulkan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama peneliti melakukan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa: (1) Jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar yaitu (a) siswa kesulitan menuliskan simbol pada penulisan cara menentukan keliling dan luas bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga, yang seharusnya huruf kecil namun ditulis huruf kapital, (b) siswa kesulitan menghitung perkalian, karena kurang hafal perkalian dan kurang teliti dalam mengerjakan soal, (c) siswa masih keliru dalam proses perhitungan (d) siswa kurang memahami tulisan guru saat menjelaskan tulisan di papan tulis. (2) Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar yaitu (1) faktor internal yaitu (a) siswa tidak hafal perkalian dan (b) siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. (2) faktor eksternal yaitu tulisan guru yang kurang dipahami.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.