Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kelas IV SD Negeri 5 Meteseh

Erwinda - Rahmawati, Qoriati - Mushafanah, Khusnul Fajriyah

Abstract


ERWINDA RAHMAWATI. NPM 19120216. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Materi Interaksi Sosial Kelas IV SD Negeri 5 Meteseh Kecamatan Boja”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Qoriati Mushafanah S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Khusnul  Fajriyah S.Pd., M.Pd.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar materi interaksi sosial siswa kelas IV SD Negeri 5 Meteseh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Dessign dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dari data  seluruh populasi kelas IV sebanyak 20 siswa.. Teknik pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakn wawancara dan tes berbentuk pilihan ganda. Analisis yang digunakan adalah uji-t.

            Hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah  dilakukan maka dapat diketahui bahwa diterapkannya media pembelajaran Quizizz berpengaruhh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai thitung > ttabel yang memiliki nilai 4,266  > 2,086, maka Ho ditolak dan Ha diterima dari hasil pengujian pada taraf kepercayaan 0,95 atau kesalahan pada 0,05 dapat didimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Meteseh pada tahun ajaran 2023/2024.

            Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran Quizizz pada proses pembelajaran materi interaksi sosial kelas IV terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Meteseh.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar, Interaksi Sosial.


References


Ali Anwar, Statistik Untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel, (Kediri: IAIT Press, 2009), hlm. 13.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buhono Agung, Nugroho, Strategi Jitu Memilih Statistik Penelitian dengan SPSS, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2005, hlm. 18)

Djamarah dan Zain (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghina, Hikmatul. Dewi, Larasati. Dan Rustini, Tin. 2022. “Peningkatan Kemampuan Bersosialisasi Kelas Satu Sekolah Dasar melalui Buku Tema 1” dalam Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.6 No. 2, Hal. 10235-10241. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasan. (2017). Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

I Putu, A. & I Gusti, A. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistiknya Dengan SPSS, (Yogyakarta:2018), hlm. 39-40.

Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Belajar: Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Nurul, Qamariah, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Google Form Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019, (Padang: Universitas Putra Indonesi, 2019), hlm. 41-42.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta 2016)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2018).

Undang-Undang Rrepublik Indonesia No. 30 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.