Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS masih kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental bentuk one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata untuk pretest sebesar 55,45, sedangkan untuk posttest sebesar 83,18. Setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh sig (2-tailed)<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran project based learning. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali.
Full Text:
PDF 252-263 (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17822
Refbacks
- There are currently no refbacks.