Analisis Pembelajaran IPA Secara Luring Kelas V di SD Negeri Larangan dengan Pendekatan HOTS
Abstract
ABSTRAK
ELTA OKTAVIANA. NPM : 19120143. “Analisis Pembelajaran IPA Secara Luring Kelas V Di SD Negeri Larangan Dengan Pendekatan HOTS”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Choirul Huda, M.Si., M.Pd dan Dosen Pembimbing II: Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini yaitu sistem pembelajaran yang beralih dari luring ke daring pasca pandemi covid-19, mengakibatkan siswa kelas V SD Negeri Larangan kurang mendapatkan pengawasan dari guru secara langsung, dan kurangnya pembaruan metode dan model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS yang digunakan oleh guru dalam mengajar.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana implementasi pembelajaran IPA secara luring kelas V dengan pendekatan HOTS di SD Negeri Larangan?, 2. Bagaimana strategi seorang guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA secara luring kelas V dengan pendekatan HOTS di SD Negeri Larangan? Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran IPA secara luring berbasis pendekatan HOTS kelas V di SD Negeri Larangan, dan mengetahui strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan pembelajaran IPA secara luring kelas V dengan pendekatan HOTS di SD Negeri Larangan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD Negeri Larangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat dari penerapan pendekatan HOTS pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Larangan ini sudah dilaksanakan dengan baik, namun belum maksimal, pada pembelajaran IPA dengan pendekatan HOTS hanya tercapai sebesar 70% dan aspek yang tidak terpenuhi sebesar 30% dari jumlah 10 aspek keseluruhan pendekatan HOTS yang diamati, hal ini dikarenakan tidak semua siswa dapat memahami pembelajaran dengan pendekatan HOTS. Sedangkan strategi yang digunakan oleh guru menggunakan model PJBL (Project Based Learning) dalam pembelajaran IPA berbasis HOTS.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan yaitu bagi sekolah diharapkan menciptakan lingkungan belajar yang memadai yang mendukung kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan zaman pada abad 21 yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi, sedangkan bagi pendidik, sebaiknya dapat membimbing siswa pada kegiatan pembelajaran yang inovatif yang berorientasi pada HOTS, dan bagi siswa diharapkan dapat berperan aktif, dapat memperhatikkan guru, dan bersikap sopan dan santun saat kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: HOTS, Ilmu Pengetahuan Alam
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
W. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), (Daring), Vol.1(3): 239—248. Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id (22 april 2023).
Arifin, J., Dewi, E. R. S., & Agustini, F. (2023). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas V Tema Ekosistem di SDN SumberAgung 02 Pati. Indonesian Journal of Elementary School, 3(1), 80-89.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi. Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Brookhart, 2010. How to assess higher-order thingking skills in your classroom. Virginia USA: ASCD Alexandria, VA.
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Sunyoto, Danang (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Dewi, F. S., Rintayati, P., & Adi, F. P. Analisis penerapan higher order thinking skills pada pembelajaran IPA kelas V tema 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).
Dimyati (2017). Pemanfaatan Pembelajaran Daring. UNJ.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Narut, Y. F., & Wahyu, Y. (2023). Pembelajaran IPA Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 85-91.
Noer, S. H. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Apa, Mengapa, dan Bagaimana?.In Lampung: Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 16). 521–526.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, Ana (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Media
Widyastuti, E. (2017). Effect Of Authentical Assessment And High Order Thinking Skill (Hots) Against Troubleshooting Physical Problems (An Experiment in The Students of SMA Negeri 2 Depok City). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 08(02), 109–116. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/7114
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17837
Refbacks
- There are currently no refbacks.