PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SD
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang sesuai kharakteristik siswa dalam proses belajar mengajar. Keterbatasan guru dalam mengembangkan bahan ajar menjadi kendala bagi guru untuk dapat mengimplementasikan bahan ajar dalam proses belajar mengajar. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik bahan ajar berbasis pendekaatan open ended terhadap meningkatnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Purwosari 02? (2) Apakah pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah dapat kriteria valid? (3) Apakah bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah dapat memenuhi kriteria praktis? (4) Apakah bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah dapat memenuhi kriteria efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis? Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menerapkan prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Bahan ajar pada penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media dan ahli materi angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa bahan ajar berbasis pendekatan open ended pop up book. Bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 100%, validasi ahli materi sebesar 100%. Bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah pada kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 100% dan dari tanggapan siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Ketuntasan individu dan klasikal dari hasil post-test juga memperoleh memperoleh persentase 100% dan telah melebihi peresntase ketuntasan klasikal minimum 85%. Berdasarkan hasil pre-test memperoleh nilai sebesar 62,5% dan nilai rata rata post test 89,5 serta N-Gain 0,73 > 0,3 dengan kriteria tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan termasuk dalam kategori yang “sangat baik ”dan “ sangat layak ” untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru dapat mengimplementasikan bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan cacah pada penalaran matematis siswa kelas IV dalam pembelajaran.
Full Text:
PDF 28-37 (Bahasa Indonesia)References
Frizka, Dyah. 2016. Penerapan Bahan Ajar Bilangan Romawi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Kelas IV Semester II. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Herdiman, Indir. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. JES-MAT, Vol.3 No.2, September 2017, Hal 195 – 204.
Liputan6. 2019. “Tujuan Kurikulum 2013” https://m.liputan6.com/citizen6/read/3875318/tujuan-kurikulum-2013-di- balik-pro-kontra-penerapannya. Diakses pada 8 April 2020.
Mayasari, Dian. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Matematika, Vol. 1, No. 2, 2019, Hal 99 –
Megeron, Roie. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Adiwiyata Dengan Pendekatan Sets Untuk Mengukur Tingkat Literasi Lingkungan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Melianingsih, Nuning, dkk. 2015. Keefektifan Pendekatan Open Ended dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2 – Nomor 2, November 2015, (211 - 223)
Nur, Muhaemy. 2017. “Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Eduacation Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SDN 01 Mulyoharjo Pemalang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Purbasari, Diana. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kerja Keras Siswa Materi Menentukan Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN Rimbukidul 02. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Sari, Eka, Rahmat Rais, Asep Ardiyanto. 2016. Diktat Strategi Belajar Mengajar.
Semarang. FIP UPGRIS
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kaulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulianto, Joko. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 6, Oktober 2011, hlm 454-458
Sulianto, Joko, 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah Pada Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 1 Juli 2011hal 18-41
Herdiman, Indir. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. JES-MAT, Vol.3 No.2, September 2017, Hal 195 – 204.
Tritjahjo, Danny. Ragam dan Prosedur Penelitian. UKSW
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17899
Refbacks
- There are currently no refbacks.