ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGENAL HURUF DAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI SUMBERMULYO, KEC.SARANG, KAB. REMBANG

Lum Atud Durroh, Aries Tika Damayani, Riris Setyo Sundari

Abstract


Rumusan masalah dalam konteks penelitian ini adalah Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan mengenal huruf siswa kelas I SD N Sumbermulyo, Kec. Sarang, Kab. Rembang?.Penelitian menggunakan metode  pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian iniadalah siswa kelas I SD N Sumbermulyo, Kec. Sarang, Kab. Rembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan teknik model Miles & Hubermen (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.  Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menujukan bahwa kegiatan menganl huruf dan membaca yang diterapkan pada kelas I SD N Sumbermulyo memiliki faktor yang berpengaruh dalam aktivitas literasi. Dalam kemampuan siswa  untuk belajar membaca dan mengenal huruf dalam menjalankan aktivitas pembelajaran masih kurang untuk minat dalam membaca dan mengenal huruf.Berdasarkan hasil penelitian faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca dan mengenal huruf masih rendah, pihak sekolah yang masih kurang dalam fasilitas pengenalan literasi sejak kelas redah harus diterapkan yang tepat dalam meningkatkan persepsi literasi membaca siswa di era sekarang ini.


References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Arikunto, S. (2013). Pengertian Data Primer. Objek Dan Metode Penelitian, 53(9), 1689–1699.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkada

Daryanto. 2013. Belajar Mengajar. Yrama Widya

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, hlm 2.

J.S Badudu. (2007). Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia.Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, hlm 20.

Lena, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,Volume 3 No 5 halm 3296-3307.

Lestary. (2004). Gemar Berbahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta, hlm. 12. M. Djunadi Ghony dan Fauzan Almanshu. (2012). Metodologi PenelitianKualitatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, hlm 322.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Mulyadi, S. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. 196.

Masykuri. (2017). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018. 120.

Novita Dian DwiLestari, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, & Suharmono Kasiyun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1), 1–7.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Rafifah Yumna Salsabila, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Membaca SiswaKelas II Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar UNIPMA,Vol.2.

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di Tk Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56. https://doi.org/10.24036/104545

Riyanto, A. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Nilai Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 44–59.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.